fbpx
tips liburan hemat

Tips Liburan Berkualitas dan Tetap Hemat

Capek kerja guys? Ingin ikutan liburan kekinian? Butuh tips liburan? Sudah disesuaikan waktu dan budgetnya kah? Ngomongin soal budget, kita mau kasih tips liburan nih buat kalian yang mau liburan dengan kekinian. Namun, tetap hemat dan bisa menikmati usia muda kalian. Kita mau kasih tips liburan nih:

Tips Liburan #1 : Tiket irit buat liburan

Tahu kan kalau harga tiket pesawat naik ketika dekat liburan. Trus guys… ada tips liburan yang ciamik nih! Feebers beli tiket pesawat di jauh hari aja ya. Kalau bisa minimal 6 bulan sebelum liburan atau kalau mau 1 tahun sebelumnya juga boleh. HEHE.. Terus kalau bisa belinya malam hari guys. Tiket pesawat di malam hari memang lebih murah guys.

Cara lain juga bisa nih, misalnya dengan ikut event yang ada seperti travel fair dsb. Terus dibandingkan 1 per 1 yang mana yang sesuai dengan kriteria kalian.

Tips Liburan #2 : Irit bagasi yuk!

Kalian tentunya tahu dong, kalau bayar bagasi bisa sampai ratusan ribu. Belum lagi, kalau liburan kalian memerlukan berkali-kali untuk berpindah-pindah tempat. Faktanya jika liburan kalian tidak terlalu panjang, kalian bisa lho lakukan hal simple ini.

Caranya adalah kalian tidak perlu beli bagasi guys, cukup dari kabin saja. Kabin yang muatannya 5 kg tentu udah bisa muat koper yang banyak baju kan guys. Ditambah kalian bisa memakai ransel untuk keperluan sehari-hari kalian.

Atau jika kalian merasa cara ini kurang praktis, kalian bisa menggunakan tas-tas yang biasa digunakan untuk mendaki gunung. Memang berat sih guys. But, balik lagi sih guys cara mana yang kalian suka.

Tips Liburan #3 : Sisihkan uang kalian

Nih, yang ini cukup penting. Kalian perlu menyisihkan uang kalian per bulannya untuk liburan. Jadi dibagi-bagi ya guys, sebagian untuk kebutuhan, sebagian untuk tabungan, dan sebagian untuk liburan. Jangan sampai kebablasan dipakai semuanya untuk kebutuhan. HIHI.. Juga ingat ya guys tips ini, budget buat jalan-jalan jangan terlalu pas-pasan banget karena terkadang pasti ada kebutuhan yang belum terhitung lagi seperti cinderamata, sama… nyasar-nyasar.

Tips #4 : Sediakan sedikit makanan instan

Memang sih, makanan instan tidak baik untuk kesehatan. But, jika emang butuh, mau diapakan. Saat kalian jalan-jalan, pasti energy yang dikeluarkan lebih banyak. Alhasil, kalian merasa lapar tengah malam saat berada di hotel. Mie instan memang merupakan 1 pilihan yang tepat disaat seperti itu. But, bukan rahasia umum lagi bahwa harga mie instan yang disediakan hotel di room selangit ya guys. Mereka mencasnya berkali-kali lipat, bahkan sampai 5 kali lipat. Kalau liburannya  seminggu, gimana ya? Makanya, hati-hati ya guys! Ada baiknya kalian bawa cemilan dan beberapa paket mie instan dengan mangkok plastik. Atau jika gamau ribet, kalian bisa beli mie cup saja.

Kalau misalkan kalian lupa, jangan malas untuk turun guys. Biasanya, disekitar tempat liburan pasti ada supermarket sekitar yang bukanya 24 jam. Dan hasilnya, kalian bisa lebih irit.

Tips #5 : Sediakan kebutuhan umum

Kebutuhan umum memang tampak sederhana karena kita bisa saja berpikir “Ah, bisa beli disana!” Atau “ Ah, ribet banyak bawanya!” Namun, tanpa kita sadari akan banyak kerugian yang kita alami jika kita berpikir seperti ini :

  • Waktu

Saat kalian menyepelekan sesuatu dan meninggalkan kebutuhan umum kalian seperti minum, tissue, obat-obatan, atau bahan pakaian. Maka, kalian akan kehilangan waktu berlibur kalian. Belum lagi, kalian tidak mengenal daerah wisata kalian dan perlu mencari tempat pemberentian atau tempat berbelanjag lagi.

  • Uang

Tentu, saat kalian rugi waktu kalian akan rugi uang juga. Sebenarnya, kebutuhan umum adalah kebutuhan yang kalian sudah kalian miliki. Tetapi karena kalian lupa membawanya, alias kurang strategis, kalian membeli keperluan yang sebenarnya kalian sudah miliki.

Tips #5 : Catat kebutuhan berlibur

Ada baiknya, sebelum pergi ke tempat wisata kalian mencatat dulu keperluan yang ada. Seperti: keperluan makan, keperluan berbelanja, keperluan akomodasi, tempat penginapan, dsb. Dengan begitu, kalian akan tahu berapa kurang lebih jumlah uang yang akan kalian habiskan di tempat wisata.

Tips #6 : Buat itinerary

Sama halnya dengan tour, jika kita menyusun itinerary yaitu rencana perjalanan kita, liburan kita pastinya akan lebih tersusun lho. Kalau bisa selain buat tempat wisata yang kalian ingin kunjungi, buat waktu yang tepat juga ya guys sehingga gak ngaret-ngaret. Selain itu, beberapa wisata jam kunjungannya juga mempengaruhi harganya. Meanwhile, tetap penting bagi kalian untuk memilih waktu yang kalian tentukan saat berwisata. Beberapa tempat wisata memang lebih indah saat pagi, namun sebagian dapat lebih dinikmati saat malam hari.

Gimana? Udah pada ngelakuin hal diatas belum? Semoga sudah yah.. Jika belum, jangan lupa untuk rencanain. Semoga belum telat. Jika sudah telat, baiknya susun untuk tahun depan guys siapa tahu lebih tersusun. Lebih baik terlambat, dibanding tidak sama sekali. Heheh..

Yang terpenting lagi, jalan-jalan atau liburan harus tetep enjoy yah. Meskipun udah ngelakuin tips ini itu, tips hemat, tips selamat. Jangan sampe juga nyampe lokasi liburan masih aja kepikiran tanggung jawab yang belum selesai.

Supaya bisa nabung juga sebagai anak muda, mending baca cara nabung yang lagi hits juga ala Jepang yaitu Kakeibo: Cara Menabung untuk Anak Muda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *