fbpx
banyak uang

Tips Hidup Hemat agar Banyak Uang ala Feeble

Halo Feebers! Pada kesempatan kali ini mimin ingin membagikan tips hidup hemat yang membuat mimin banyak uang pada saat masih muda. Ini juga merupakan pengalaman nyata mimin yang juga mimin telah terapkan dalam kehidupan perkuliahan. Sebenarnya definisi banyak uang untuk setiap orangnya memang berbeda-beda sih, tapi kalau sudah bisa liburan menggunakan uang sendiri, mimin anggap sudah banyak uang ya…

Berikut ini beberapa tips hidup hemat agar banyak uang menurut mimin:

1. Bawa bekal dari rumah

Cara yang paling mudah untuk banyak uang saat usia muda adalah membawa makanan dan minuman dari rumah! Sampai saat ini pun mimin masih suka bawa bekal dari rumah. Mengapa mimin suka bawa bekal baik makanan maupun minuman. Karena apabila membawa makanan setiap harinya ke kampus, mimin bisa menghemat sekitar Rp 25 ribu seharinya dan mimin juga selalu membawa botol minum dengan isinya karena dalam sehari, mimin bisa menghemat sekitar Rp 5 ribu seharinya. Artinya dengan membawa makanan dan minuman dari rumah, mimin bisa menghemat sekitar Rp 30 ribu sehari. Uang tersebut bisa mimin gunakan untuk membeli reksa dana di fintech atau bank supaya punya banyak uang di masa depan. Selain berhemat, membawa makanan dan minuman sendiri juga bisa mengurangi penggunaan plastik sekali pakai lho! Jadi, dompet aman, bumi pun juga aman.

2. Masak! biar banyak uang!

Kedua, masak! Saat mimin masih menjadi seorang anak kost, mimin selalu masak setiap malam untuk makan malam. Menurut mimin, dengan memasak sendiri, selain dapat menghemat banyak uang, juga makanan yang mimin masak itu lebih sehat ketimbang makanan beli. Mimin biasanya masak makanan yang gampang-gampang, dulu mimin suka masak nasi pake telor dadar atau gak penne aglio olio, terus biasanya kalo mau makan sayuran, biasanya suka dibawain sop dan sayurnya dipisahin dan dimasukin freezer, kalo mau makan tinggal diangetin aja…

3. Nonton bioskop online

Nonton bioskop menjadi salah satu pengeluaran terbesar dalam pengeluaran bulanan karena kalau dalam seminggu menonton sekali saat weekend, itu bakal mengeluarkan uang sekitar Rp 50-75 ribu untuk sekali nonton, belum lagi kalau kalian harus bayarin pacar kalian nonton juga. Asumsi aja, kalau kalian menonton setiap weekend bersama pacar, kalian bisa mengeluarkan Rp 600 ribu setiap bulannya. Coba deh beralih ke netflix yang masih legal maupun bioskop online lainnya yang illegal. Pasti bakalan menghemat banyak uang dan uangnya bisa diinvestasikan untuk masa depan.

Baca juga: 5 Cara Investasi untuk Mahasiswa agar Banyak Uang
4. Jajan boleh, tapi yang bikin kenyang

Yak selanjutnya adalah jajan boleh tapi jajanan tersebut harus bikin kenyang. Jujur aja nih, perut mimin agak karet, jadi gampang laper-an kalo abis jajan. Jadi, kalo udah kenyang kan pastinya gak bakalan jajan-jajan lagi yang bikin boncos. Contoh aja nih, beli kopi starbucks itu sekitaran Rp 50 ribu, nah kalo mimin lebih prefer untuk beli nasi padang enak di harga yang kisaran itu, karena nasi padang lebih ngenyangin dan bikin bahagia buat mimin hehehehe. Pada intinya, jajan masih boleh kan kita manusia biasa yang masih laper mata buat jajan hahahaha hidup cuma sekali jadi gak boleh pelit-pelit amat sama diri sendiri!

5. Uninstall aplikasi belanja dan travel

Nah, kalo ini adalah tips dari kakak-nya mimin. Menurut dia, dengan uninstall aplikasi belanja dan travel, dia jadi gak belanja baju dan tiket dengan impulsif ketika sebelum tidur. Tapi alasan lainnya adalah karena memory HP-nya dia udah penuh juga sih, mungkin itu bisa jadi alasan tambahan hahahaha.

6. Kosongkan ATM!

Iya kosongin ATM, TAPI jangan sampe Rp 0 juga ya! Maksud dari kosongkan ATM adalah mengosongkan uang di ATM namun masih meninggalkan sisa-sisa uang secukupnya. Karena terkadang kita suka membutuhkan dana dadakan untuk mengisi saldo Gopay, transfer uang ke teman, dan lainnya. Biasanya, mimin hanya meninggalkan uang sekitar Rp 1 juta dan sisanya disimpan di rumah seperti orang jaman dulu. Selain itu, dengan menyimpang uang di rumah, mimin jadi menghilangkan kebiasaan berbelanja impulsif di Uniqlo, lebih mikir ketika mau Go-food makanan atau jajan makanan yang ada cashback-nya (karena uang di ATM terbatas jadi mimin lebih milih uangnya buat top-up buat Go-ride), dan selain itu, mimin juga jadi gak bisa beli tiket impulsif karena uang terbatas dan males banget untuk masukin uang lagi ke ATM.

7. Jangan mudah tergiur promo agar banyak uang!

Terakhir, ini masih jadi lanjutan yang sebelumnya dan sangat amat relatable dengan kondisi saat ini dimana banyak sekali promosi potongan harga maupun cashback yang dilakukan di pusat perbelanjaan. Ya, salah satu tipsnya adalah mengosongkan ATM agar tidak mudah berbelanja impulsif. Kedua, kalian perlu banyak-banyak meningkatkan ketaqwa-an agar tidak mudah tergoda oleh godaan syaiton yang tekutuk.

Baca juga: 5 Alasan Berinvestasi di Usia Muda
Begitu Feebers, tips hidup hemat agar banyak uang dari mimin…

Mungkin pada tahap awal memang sudah untuk memulainya, perlu pembiasaan beberapa bulan biar mimin tidak berbelanja impulsif dan lebih hemat dalam hidup. Semoga apa yang mimin sampaikan bisa menjadi amal jariyah ya. Eh, kok malah jadi penutup khutbah. Pokoknya mulai aja dulu! Hidup memang perlu pembiasaan kok gak ada yang instan hehehe.

3 thoughts on “Tips Hidup Hemat agar Banyak Uang ala Feeble

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *