fbpx
risiko keuangan

Terhindar dari Buruknya Risiko Keuangan? Ini Caranya

Hello, mileniall.. Gimana nih kabar kalian? Apa kalian sedang sibuk mencari pekerjaan? Atau sedang belajar bisnis baru? Pastinya, kalian mau dong terhindar dari risiko keuangan yang buruk. Gimana guys? Lebih berat kuliah atau kerja? Pastinya, setelah merasakan kehidupan pekerjaan. Tentunya, kalian akan lebih mengerti sulitnya mencari lapangan pekerjaan ataupun memulai bisnis. Faktanya, kehidupan menjadi mahasiswa atau murid SMA memang jauh lebih menyenangkan tanpa beban risiko keuangan.

Baca juga Tips Hidup Hemat agar Banyak Uang ala Feeble

Tapi, tantangan memang harus dihadapin ya guys.. Namanya juga risiko keuangan, harus dihadapi. Saat kita mulai merasakan mencari uang, kita baru menyadari bahwa kita telah menjadi mahasiswa yang cukup boros. Setelah kalian bekerja, kehidupan kalian akan berbeda dengan keseharian kalian pada umumnya. Pastinya saat kalian mulai menyadari bahwa kalian cukup boros. Kalian ingin dong untuk terhindar dari risiko keuangan. Lalu, apa saja sih caranya agar kita semua tidak terjeblos dalam risiko keuangan?

Simak cara berikut ya guys…
Buat beberapa rekening

Kalian perlu membuat beberapa rekening. Ini yang mimin lakuin nih guys, jadinya mimin tau pengeluaran mimin. Mimin bagi rekening mimin jadi 3, yang pertama buat modal usaha, yang kedua untuk spending/ jajan, dan 1 lagi untuk saving. Tiap bulannya mimin transfer ke saving beberapa persen dari penghasilan mimin. Lalu, yang untuk jajan mimin batasin jumlahnya. Satu lagi nih guys, yang untuk saving dan modal mimin pakai token. Kalau yang jajan, pakai mobile banking berhubung penggunaan token lebih rumit dibandingkan dengan mobile banking. Ditambah sekarang metode pembayaran digital wallet menggunakan virtual account yang berurusan dengan virtual account. Tujuannya tau lah ya guys… supaya  ga kebablasan ya guys HEHEHEHE..

Cara yang sama juga bisa kalian lakukan nih.. Atau jika kalian bekerja, kalian bisa membuat 2 tabungan yaitu saving dan jajan. Setelah gajian kalian bisa memasukan uang kalian ke saving dahulu supaya ga kelupaan ya. HEHE.

Note : Usahakan saving kalian lebih besar daripada spending kalian ya, supaya bisa kalian simpan untuk tabungan masa depan kalian atau digunakan sewaktu-waktu kalian butuhkan. Misalnya kalian spending 20% dari penghasilan kalian dan 80%nya kalian simpan untuk tabungan kalian.

Beri batas pada self reward
self reward belanja
Batasi belanja – by Goldmancommunications

Yang ini cukup penting nih guys.. Kebanyakan orang merasa setelah ia bekerja keras, maka ia perlu memberikan reward kepada dirinya sendiri. Tetapi, self-reward ini menjadi berlebihan konteksnya. Sehingga, kita menjadi ketagihan untuk me-reward diri kita secara terus-menerus. Kalau seperti ini, namanya bukan self-reward lagi dong ya.. Tapi.. Hedon. Haduhh.. Jangan sampai kayak gini ya feebers.

Terus gimana dong? Kapan kita boleh me-reward diri kita? Kalau menurut mimin sih tergantung kalian. Kalian bisa membuat target seperti “ Mau reward diri 4 bulan sekali aja deh.. Terus 10% dari jumlah saving aja, ga boleh lebih.” Lalu, jika pendapatan naik kalian bisa menurunkan presentasi reward kalian untuk menabung di masa depan.

Berpikir 2x saat mengambil keputusan

Keputusan seperti apa sih? Keputusan keputusan seperti cicilan jangka panjang. Kalian harus memikirkan terlebih dahulu, apakah keungan kalian sudah cukup untuk menyicil jangka tersebut. Kita memang tidak tahu apa yang ada di depan kita. Walaupun, tidak menginginkannya bisa saja sewaktu-waktu pendapatan kita menurun ataupun kita dikeluarkan atau terpasa harus keluar dari pekerjaan kita karena jarak dan alasan lainnya. Oleh karena itu, berhati-hati ya feebers.. Perhitungan kita harus tetap matang tentunya.

Investasi

Bentuk investasi cukup banyak, mulai dari rumah, tanah, emas, dan juga saham. Investasi memang dapat menguntungkan karena selain dengan belajar, kita juga dapat mengembangkan sumber daya kita. Efek investasi juga dapat kita rasakan, yaitu investasi jangka pendek dan juga investasi janga panjang. Jika kalian memilih investasi jangka panjang maka kalian harus sedikit sabar ya. Baiknya sebelum kalian berivestasi, kalian mencari info dahulu tentang investasi yang akan kalian jalani dan juga prospeknya agar tentunya lebih mendatangkan benefit untuk kalian karena jika kalian tidak mengerti hal tersebut bisa mendatangkan kerugian untuk kalian lho. Saham pun dapat menurun, dan rumah juga memiliki biaya perawatannya yang bisa jadi lebih besar dibandingkan harga kenaikannya.

Deposito Bank

Seperti yang kita ketahui beberapa bank memang menawarkan pada sejumlah nasabahnya untuk mendepositkan uangnya dengan jumlah tertentu dalam kurun waktu tertentu. Benefit yang di dapatkan umumnya merupakan barang eletronik seperti hp, tablet, ipad, dsb nya. Kalian bisa gunakan cara ini nih, jika cara lain sulit untuk kalian. Dengan cara ini, maka kalian mau gak mau akan tidak bisa menggunakan sejumlah uang yang telah kalian depositkan guys..

Dari cara pertama sampai cara kelima, mana nih yang sudah kalian lakukan? Serta bagi kalian, mana yang caranya “paling gue banget sih ini” atau “paling efektif”? Ga masalah guys kalau mau lakukan kelimanya. Kalau belum bisa coba 2 sampai 3 cara dahulu aja. Asalkan, jangan sampai gak ada satu pun yang dilakukan oleh kalian ya. Yang penting berusaha dulu. Good luck dan selamat mencoba untuk semuanya..

4 thoughts on “Terhindar dari Buruknya Risiko Keuangan? Ini Caranya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *