fbpx
solusi banyak uang

Sukses di Usia Muda? Ini Salah Satu Tandanya

“Min, heran deh aku gatau kenapa kadang aku ngerasa udah sukses di usia muda pas gajian dateng.. Eh tanggal tua jadi berasa kismin lagi. Gimana dong min? Sebenarnya, yang salah itu keinginan aku kah? Dan wajar gak sih min? Atau sebenarnya aku belum merasa cukup sukses di usia muda?”

Hallo sobat Feeble sekalian! Gimana kabarnya? Pernah mengalami kasus serupa dengan kasus diatas? Atau malah kebalikannya, saat gaji naik dan ngerasa tercukupi kalian malah menyimpannya dengan baik-baik. Hmmm.. Sebenarnya tergantung sifat orang ya.. Menurut kalian, tindakan di atas benar atau salah sih? Dan harus diubah kah?

Pendapat Orang-Orang…

Berapa orang mengatakan “Tidak salah dong min, lah kita kan hidup buat dinikmati. Kalau ga dinikmati sekarang, terus kapan lagi? Kalau udah tua kan udah ga punya tenaga”. Sebagian berpendapat, “Salah lah, terus kalau kita sakit gimana dong. Nanti ga punya biaya, belum lagi tunjangan buat biaya anak istri, orang tua, dsbnya”.

Begitu deh pro and cont dari kasus seperti itu. Jawabannya apa? Salah ga sih? Itu termasuk udah sukses gak sih? Berikut jawabannya guys:

Benar atau Salah

Jadi gini guys, benar atau salah itu sebenarnya relatif tergantung dari bagaimana kalian memandangnya. Tapi pandangan umum mengatakan bahwa “Seseorang dinyatakan bebas dari masalah keuangan saat passive incomenya/penghasilan passivenya sudah dapat memenuhi biaya hidupnya.” Saat kalian bekerja, maka penghasillan kalian disebut dengan active income/penghasilan active yaitu penghasilan yang seseorang dapatkan dengan bekerja.

Cara Mendapatkan Passive Income

Untuk menghasilkan passive income memang lebih sulit dibandingkan memiliki active income. Passive income dapat kita dapatkan dengan beberapa cara, misalnya adalah investasi, membuka franchise dan juga bisnis yang dapat kita tinggal. Memang cara ini memang tidak semudah dengan kita berkerja. Saat kita berkerja, kita akan mendapatkan gaji dengan pasti dan per bulannya. Kalian juga tidak perlu menyiapkan modal dan mental kalian, melainkan fisik dan kecerdasan kalian. Sebaliknya, saat kalian melakukan investasi atau membuka usaha baru kalian harus menyiapkan modal dan juga mental kalian. Alih alih beberapa orang merasa takut, seseorang akan memilih bekerja tanpa menambahkan pengahasilan tambahannya dengan melakukan investasi. Padahal, kedua hal ini yakni bekerja dengan investasi dapat dilakukan secara bersamaan lho guys. Memang sih, untuk melakukan investasi dan membuka bisnis tidak semudah itu. Tapi, kalian pasti bisa kok guys!

Lalu, bagaimana jika kita mengalami kerugian? Apakah sebaiknya kita berhenti karena mungkin hal tersebut bukan bidang kita? Atau akibatnya sebaiknya kita melakukan hal lain yang lebih cocok melakukan hal lain yang sudah pasti?

Solusinya?

Berikut jawaban dari pertanyaan di atas guys.. Sadarkah kalian? Bahwa sebenarnya tidak ada satu orang pun yang terlahir dengan adanya suatu keahlian. Gini guys, apakah saat kalian lahir kalian tidak perlu belajar berbicara, duduk, merangkak, berjalan, hingga lari? Tidak ada seseorang pun yang langsung bisa berlari begitu saja.

Never Ending Learning

Sama halnya dengan sekolah, kita belajar. Saat kita ujian dan mendapatkan nilai yang buruk, kita perlu belajar lagi dan mengulang ujian yang sama sehingga kita dapat lebih mengerti materi itu. Alhasil, kita mendapatkan hasil yang lebih baik. Itulah yang perlu kita lakukan saat kita gagal, kita perlu bangkit dan mencoba lagi. Sesuatu yang besar memang memerlukan pengorbanan. “No pain, no gain. You can’t have a rainbow without a little rain” Itulah yang dikatakan orang terhadap kesuksesan. Oleh karena itu, cobalah suatu hal yang baru. Jika kalian gagal, cari cara untuk memperbaikinya dan coba lagi sehingga kalian melakukannya lebih baik hingga kalian berhasil.

Memang tidak ada definisi dimana seseorang dikatakan boros atau tidak. Tidak ada definisi untuk borosnya seseorang karena boros atau tidak itu diukur dari penghasilan seseorang. Tidak ada definisi juga untuk hedonnya gaya hidup seseorang. Serta tidak ada definisi kekayaan seseorang.

Semua itu adalah relatif

Semua itu tergantung kebutuhan, bukan tergantung banyak uang. Lingkungan pun akan mempengaruhi kebutuhan kalian. Saat kalian bermain dengan orang-orang yang kondisi ekonominya jauh di atas kalian, maka otomatis kalian akan terbawa dalam gaya hidupnya. Hal ini tidak berati buruk lho guys, siapa tahu dengan adanya koneksi kalian dapat belajar banyak dengan teman kalian. Gak salah kok ikut makan cantik sesekali, asalkan kalian tau porsi wajarnya.

Tetapi ada baiknya kalau benar adanya hal tersebut bukan karena lingkungan sekitar kalian, saat kalian berniat untuk meningkatkan gaya hidup kalian, tingkatkan juga penghasilan kalian terlebih dahulu. Serta usahakan semaksimal mungkin bahwa kenaikan gaya hidup kalian tidak sebesar dengan kenaikan penghasilan kalian. Lebih baik menaikan taraf hidup kalian secara perlahan tapi pasti.

Definisi sukses memang tidak ada batasannya guys seperti apa. Definisi tersebut memang berbeda-beda tergantung dimana kalian berada dan juga kebutuhan uang masing-masing seseorang. Tetapi saat kalian merasa taraf hidup kalian lebih tinggi, jangan lupa untuk terus mencoba meraihnya ya guys hingga pada akhirnya kalian akan mendapatkan apa yang kalian inginkan yaitu sukses di usia muda sesuai dengan versi kalian. Selamat mencoba!

Baca juga Cara Mengatur Keuangan dengan Gaji 5 Juta ya guys!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *