fbpx
Orang Terkaya di dunia

List Orang Terkaya di Dunia yang Dulunya Miskin

Ternyata tidak semua orang terkaya di Dunia terlahir kaya, atau mewarisi kekayaan dari orang tuanya. Ada beberapa orang terkaya di dunia yang dulunya tumbuh di lingkungan yang miskin. Orang-orang ini menjadi bukti nyata bahwa nasib dan masa depan ditentukan oleh diri sendiri, tumbuh di lingkungan yang miskin tidak membuat mereka harus terus menerima keadaan untuk selalu hidup dalam kemiskinan. Nah ayo simak guys, Inilah List Orang Terkaya di Dunia yang Dulunya Miskin.

5. JK Rowling
orang terkaya di dunia
JK Rowling – Penulis buku novel Haryy Potter

Kamu pasti tidak akan lupa dengan pengarang novel Harry Potter yang melegenda. Ternyata dibalik kesuksesan yang diraih JK Rowling, terdapat pengalaman pahit yang telah dialami olehnya.

Dalam sebuah interview bersama Dailymail di tahun 2013, JK Rowling berbagi pengalamannya sebagai seorang single-parent, sebelum novel Harry Potter mengubah hidupnya.

I remember 20 years ago not eating so my daughter would eat, I remember nights when there was literally no money.

Aku ingat saat 20 tahun yang lalu, aku sengaja tidak makan agar anakku bisa makan. Aku selalu teringat hari-hari dimana aku tidak memiliki sedikitpun uang.

JK Rowling, dalam wawancara dengan Dailymail pada tahun 2013

Hari-hari itu telah lama berlalu, hingga akhirnya pada tahun 2016, Penulis ini mendapatkan royalti sebesar 95 juta dollar US. Sebagai seorang Filantropis, JK Rowling telah mendonasikan kekayaannya sebesar 160 juta dollar US dan membuatnya lengser dari status biliuner di tahun 2012. Hari ini, menurut Celebrity Net Worth, Kekayaan JK Rowling kembali ke angka 1 Miliar dollar US.

4. Roman Abramovich
orang terkaya di dunia
Roman Abramovich – Owner dari Klub Sepakbola Chelsea

Kalau kamu tahu klub bola Liga Inggris Chelsea, pasti kamu nggak bakal asing dengan nama Roman Abramovich selaku pemilik klub bola tersebut. Roman Abramovich, seorang taipan minyak asal Rusia ini lahir dalam kondisi kemiskinan dan menjadi seorang anak yatim piatu di umurnya yang 2 tahun.

Baca Juga: Inilah 5 Top Game Bisnis Terfavorit Untukmu

Roman Abramovich kecil diasuh oleh keluarga pamannya di Rusia Utara. Pada tahun 1987, Abramovich muda belajar di Moscow Auto Transport Institute dan memulai perusahaan kecil yang memproduksi mainan bebek plastik di apartemennya yang kecil. Ia terkenal sebagai anak yang tekun dan pekerja keras di lingkungannya.

Bisnisnya semakin subur hingga pada tahun 1992 hingga 1995, ia memusatkan perhatiannya pada trading minyak. Lalu Roman Abramovich bermitra dengan Boris Berezovsky dalam pembelian saham perusahaan raksasa minyak Sibhest senilai 100 Juta Dollar US.

Pada tahun 2000, dia terpilih menjadi Gubernur Okrug dan menginvestasikan kekayaannya untuk membangun pendidikan dan kesehatan. Nama Abramovich semakin terkenal ketika pada tahun 2003, ia menjadi pemilik utama klub sepak bola Liga Inggris Chelsea. Ia menjadi pemegang saham dominan dengan menanamkan modal sebesar 440 juta Euro untuk menjadi pemilik utama klub bola tersebut.

Baca Juga: Inilah Cara Investasi Saham untuk Pemula.

3. Ralph Lauren

Terkenal karena Kaos berkerah Polo dan Baju Eksklusif Pria, Brand Ralph Lauren pastilah sangat dikenal masyarakat luas. Tapi, apakah kamu tahu kalau pernah ada waktu ketika Ralph Lauren tidak mampu untuk membeli sebuah pakaian?

Pada tahun 2002 dalam interview bersama Oprah Winfrey, Lauren pernah berkata bahwa pada saat masih kecil, ia tidak memiliki uang untuk membeli baju baru, ia selalu menggunakan baju bekas turunan dari kakaknya, hingga ia termotivasi untuk memiliki pakaian baru atas kemauan dan jerih payahnya sendiri.

Ketika lulus sekolah di New York, Ralph Lauren sempat melanjutkan pendidikan di sebuah universitas di Amerika Serikat. Tidak berselang lama, ia memutuskan untuk mengundurkan diri dan bergabung dengan tentara Amerika Serikat. Setelah itu, ia bekerja di Brooks Brother sebagai pegawai toko. Lalu pada tahun 1968, ia memulai karirnya di Polo.

2. Howard Schultz
CEO starbucks
Howard Schultz – CEO Starbucks

CEO Starbucks-perusahaan kopi tersukses di dunia, Howard Schultz telah membantu perusahaannya menjadi perusahaan kopi raksasa dengan 23,000 store di 73 negara dan memiliki valuasi pasar sebesar 85 juta dollar US menurut Forbes. Ternyata Howard Schultz yang memiliki kekayaan sebesar 2.9 miliar dollar US, tidak lahir dalam kondisi keuangan yang berkecukupan.

Dalam interviewnya bersama Dr. Mukund Rajan dalam Global Executive Council, Schultz menceritakan masa lalunya yang sangat berkekurangan.

When I was seven years old, I experienced something that deeply affected me that I carry with me every single day,” he said. “And that is the scar and the shame of being a poor kid living in government-subsidized housing.

Pada saat aku berumur 7 tahun, Aku mengalami sesuatu yang sangat berpengaruh pada hidupku, yaitu sebuah luka-sebuah rasa malu menjadi anak yang miskin yang tinggal di rumah subsidi pemerintah.

Howard Schultz, dalam interview di Global Executive Council.

Ayah Howard hidup banting tulang untuk menghidupi keluarganya hingga akhirnya menganggur setelah bekerja tanpa henti tanpa dihargai dan tanpa diberikan uang yang cukup. Tetapi, kesusahan ini yang membuat Howard Schultz termotivasi.

1. Oprah Winfrey
opera van java
Oprah Winfrey – Bilionaire dengan kekayaan 3.1 Milyar Dollar.

Sekarang memiliki total kekayaan 3.1 miliar dollar US, menurut Forbes, Oprah Winfrey hidup bersama Ibunya,seorang single parent muda di Mississippi. Dalam wawancara bersama Barbara Walters, Oprah mengaku bahwa dulu ia tidak memilik listrik dan air.

Dengan tetap fokus bersekolah, berpartisipasi dalam kontes kecantikan dan bekerja di stasiun radio, Oprah dapat memasuki dunia media. Ia terkenal pertama kali sebagai host dalam Baltimore Talk Show, dan People are Talking. Lalu muncullah The Oprah Winfrey Show, yang ditayangkan di tahun 1986.

Dalam sebuah rekaman The Oprah Winfrey Show di tahun 2001, Oprah membagi sebuah tips mengenai kekayaan pikiran.

The whole idea, I think, of having wealth is not letting wealth use you but you use it,” she said. “Being a person who has come from an outhouse, and very poor circumstances, I can assure you that the more money you get, it really doesn’t change you — unless you are the kind of person who is defined by money.

Ide Pokoknya menurutku adalah memiliki kekayaan bukanlah dengan membiarkan kekayaan mengkontrolmu, melainkan sebaliknya. Sebagai seorang manusia yang masa lalunya hidup dalam lingkungan yang buruk, Aku berani jamin kalau semakin banyak uang yang kamu dapat, hal tersebut tidak akan mengubahmu, kecuali kamu adalah seorang yang mudah dipengaruhi oleh uang.

Oprah Winfrey dalam rekaman The Oprah Winfrey Show pada tahun 2001

Kesuksesan yang diraih oleh Oprah Winfrey menjadi motivasi untuk semua orang untuk selalu bekerja keras dan pantang menyerah dalam menghadapi hidup.

Nahh inilah List Orang Terkaya di Dunia yang Dulunya Miskin yang sudah Feeble rangkum. Orang-orang diatas adalah bukti nyata dari sebuah perjuangan, membuat kita untuk terus bersyukur dan tetap termotivasi. Jadi gimana guys? Kalo saat ini kamu merasa demotivasi, tenang aja jangan sampai berlarut dalam kesedihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *