fbpx
game bisnis

Inilah Top 5 Game Bisnis Terfavorit Untukmu

Main teroooss! Terkadang peringatan dari orang tua ini yang paling sering kita dengar sewaktu bermain game. Nyatanya tidak semua game berpengaruh buruk asalkan kamu pintar membagi waktu antara bermain, belajar dan bekerja. Nah bagaimana kalau Feeble kasih rekomendasi aktivitas dimana kamu bisa bermain sambil belajar? Yuk simak Inilah Top 5 Game Bisnis Terfavorit Untukmu!

5. Lemonade Tycoon (IOS,Windows)
Lemonade Tycoon
Lemonade Tycoon – Menjadi Penjual Es Lemon Tersukses di kotamu.

Mungkin untuk Mas-mas dan mbak-mbak kelahiran 1990 pasti familiar dengan game yang satu ini. Game Bisnis ini walaupun sudah sangat berumur, tapi ilmu bisnis didalamnya nggak outdated. Dengan gameplay yang simpel, kamu tidak perlu ribet-ribet bolak balik liat instruction terus. Please jangan tanyakan grafiknya bagaimana, game vintage ini adalah game simulator 16 bit yang telah dimodifikasi sehingga tampilannya menjadi lebih friendly. Misi dari game ini adalah kamu harus bisa Cuan!Cuan!Cuan! Ditambah skill budgeting yang sangat berpengaruh banget ke penjualan es lemon mu.

game bisnis Lemonade Tycoon
Lemonade Tycoon – Mengatur Budget untuk berjualan es lemon.

Kamu harus menyiapkan supplies-supplies sebelum mulai berdagang. Mengatur budget belanja sehingga tidak ada pengeluaran yang tidak diinginkan, dan semua bahan-bahan dapat terpakai dengan baik. Kamu juga bisa mengatur staff, resep, dan marketing dari booth es lemonmu. Tentukan strategi terbaikmu untuk menarik pelanggan dan menjadi penjual es lemon tersukses!

4. Theme Hospital (PSX,IOS,Windows)
game theme hospital
Theme Hospital – Game Bisnis bertema manajemen rumah sakit

Game yang satu ini muncul pertama kali di platform Playstation X pada tahun 1997. Pada game ini kamu berperan sebagai manajer rumah sakit. Kamu harus menyiapkan fasilitas rumah sakit, menjaga kebersihan rumah sakit, dan mempekerjakan Dokter dan Suster yang kompeten.

theme hospital
Theme Hospital – Gameplay dari Theme Hospital yang simpel dan mudah dimengerti

Pada game ini kamu tidak perlu mengurus keuangan rumah sakit karena inti dari game ini adalah memaksimalkan kepuasan konsumen atas service yang didapat di rumah sakitmu. Pada suatu occasion tertentu kamu akan didatangi oleh petugas penilai yang akan menentukan apakah rumah sakit mu cukup baik untuk melaju ke level selanjutnya.

Baca juga: Inilah Cara Investasi Saham untuk Pemula

3. Chocolatier 2 Secret Ingredients (Windows, IOS)
chocolatier
Chocolatier 2 Secret Ingredients – Game Bisnis yang berfokus pada usaha pabrik cokelat

Apakah kamu sudah pernah nonton Charlie and The Chocolate Factory? Game ini memiliki latar yang sama, yaitu pabrik pembuatan coklat. Kamu akan berperan seperti Willy Wonka, mencari resep-resep coklat yang sangat beragam, membeli supplies coklat di negara-negara lain – salah satunya ada biji Coklat dari Indonesia loh guys!

games
Gameplay Chocolatier 2 Secret Ingredients – Mengatur output produksi pabrik mu untuk dapat dijual ke seluruh dunia.

Nah kamu juga harus mengumpulkan budget untuk membangun pabrik dan travel ke negara lain. Kalau kamu suka banget makan coklat dan mau buka bisnis coklat, game ini bisa jadi referensi. Didalamnya ada resep resep coklat yang unik-unik dan beneran ada di dunia. Jadi game ini worth it banget buat dicoba!

2. Pewdiepie’s Tuber Simulator (Android)
game bisnis pewdiepie
Pewdiepie’s Tuber Simulator – Simulasi menjadi Youtuber yang sangat nagih buat dimainkan.

Siapa sih yang nggak kenal Pewdiepie? Youtuber perorangan termasyur dengan jumlah subscriber terbanyak ke 2 di dunia dibawah T-Series. Kalian akan mempelajari cara merekam , mengedit, dan mengunggah video agar bisa mendapatkan kualitas yang baik untuk menyelesaikan misi.

game bisnis pewdiepie
Pewdiepie’s Tuber Simulator – Belajar menjadi Youtuber

Tapi ternyata walaupun grafisnya hanya 16 bit, game ini juga membutuhkan kemampuan analisis yang baik. Kamu harus tahu trend yang sedang hits, kamu harus memilih kira-kira video seperti apa yang harus ditayangkan. Jadi kamu harus menyiapkan taktik yang jitu untuk menjadi youtuber yang sukses.

1. Harvest Moon: Back to Nature (PSX)
game bisnis harvest moon
Harvest Moon – Back to Nature

Nah ini dia Top 1 Game bisnis menurut Feeble.id. Siapa yang nggak kenal Harvest Moon: Back to Nature coba? Game legendaris ini pasti akan selalu membuatmu terkenang dengan masa kecilmu. Tanpa kamu sadari, ternyata dengan bermain game ini, kamu juga mempelajari manajemen perkebunan. Diluar dari tugasmu untuk mengurus perkebunanmu, kamu juga harus menjaga relasi dengan orang setempat. Kamu akan merasakan perjuanganmu mengurus hewan ternak dan menumbuhkan tanaman, kamu harus konsisten dan komitmen dengan pekerjaanmu.

game bisnis harvest moon
Harvest Moon: Back to Nature – Konsistensi adalah kunci utama sebuah keberhasilan.

Selain memiliki jalan cerita yang menarik, Harvest Moon juga menyajikan karakter-karakter yang sangat beragam dengan karakteristik yang berbeda satu dengan yang lainnya. Itulah yang membedakan game simulasi Harvest Moon dengan game lainnya. Terlepas dari genre fantasy yang diberikan, Harvest moon mengajarkan teknik berkebun yang kurang lebih sama dengan kehidupan nyata. Hal inilah yang membuat Feeble menobatkan harvest moon menjadi pilihan nomor 1, walaupun game ini tidak sepenuhnya fokus pada bisnis, tp nilai moral didalamnya sangat dibutuhkan dalam membangun bisnis. Game ini mendapatkan rating 8.2/10 menurut metacritic – rating yang sangat bagus walaupun grafis dari game ini kurang begitu menawan.

Jadi bagaimana rekomendasi game-game diatas? Menarik kan?Tapi ingat ya kamu harus pintar membagi waktu kapan harus bermain kapan harus bekerja. Inget guys, work hard play hard! Selamat bermain

One thought on “Inilah Top 5 Game Bisnis Terfavorit Untukmu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *