fbpx
saham untuk pemula

Inilah Cara Investasi Saham Untuk Pemula

Mencari cara buat investasi saham untuk pemula? 2020 adalah tahun yang baik buat kamu untuk mulai investasi saham untuk pemula yang berfaedah di masa depan. Apakah kamu lagi berencana menyimpan (investasi) uang atau nyisihin uang jajan buat ditabung? Nah, Feeble kali ini mau share cara investasi saham untuk pemula yang mudah itu gimana. Apa aja yang harus diperhatikan sebelum investasi saham untuk pemula? Yuk lihat cara-caranya berikut ini!

best time
Sekarang saatnya berinvestasi
Source: Giphy.com
1. Pilih Broker Saham dengan Performa Terbaik
saham untuk pemula
Memilih Broker Saham dengan Performa Terbaik
Source: Freepik.com

Sebelum kamu berinvestasi saham, kamu sebelumnya harus membuka rekening saham di perusahaan-perusahaan sekuritas terbaik. Perusahaan sekuritas haruslah memiliki izin dari BEI atau Bapepam, hati-hati jangan cari broker abal-abal yang nggak legal. Kamu bisa mengecek disini untuk melihat daftar-daftar perusahaan sekuritas yang terdaftar di BEI. Selain itu, juga sudah mengantongi izin resmi untuk beroperasi.

2. Memulai Investasi
saham untuk pemula
Investasi sedikit demi sedikit untuk hasil lebih besar
Source: Freepik.com

Nah, setelah membuka rekening saham di perantara efek atau broker saham yang sudah kamu pilih.. Selanjutnya kamu bisa memulai berinvestasi dari nominal Rp 100.000, terlalu kecil? Eitsss.. kalau kamu berkomitmen setidaknya menyisihkan uang jajan kamu sebesar Rp 100.000 setiap bulannya. Percayalah, jumlah uang itu bakalan membesar tanpa kamu sadari. Tapi kita harus selalu ingat, jalan menuju kesuksesan itu berat dan butuh pengorbanan. Kamu harus sabar, kamu harus kuat, kamu harus tabah..

Baca juga: 10 Film Tentang Bisnis yang Wajib Kamu Tonton

3. Membuat Portofolio
choose
mengurangi resiko capital loss
Source: Giphy.com

Ayo pilih saham yang kamu mau! Kamu bisa memilih saham sesuai dengan kriteria yang kamu inginkan, tapi buat pemula sih tenang aja ya. Kamu boleh kok minta pendapat dari broker sekuritas atau nanya-nanya di forum-forum tentang investasi. Ada banyak sektor saham yang bisa kamu pilih, saran dari Feeble sih pilih satu perusahaan disetiap sektornya, semakin beragam maka portfolio mu bisa terhindar dari capital loss, remember bro, be prepared for the worst scenario. Idiiih… Pait pait pait pait!

4. Nabung Terus Bagai Quda
saham untuk pemula
Berinvestasi saham untuk tujuan jangka panjang.
Source: freepik.com

Kamu harus ingat berinvestasi saham itu sangat cocok untuk tujuan jangka panjang. Nggak bisa kalau kamu mau dapat uang banyak secara cepat. Ingatlah wahai investor pemula! Bahwa saham itu cenderung bergerak nggak tentu (volatile). Apalagi dalam jangka waktu pendek. Hari ini saham meroket, eh besoknya bisa kaya meteor jatuh.

So, be well-prepared, pilihlah saham-saham yang terdaftar dalam indeks LQ-45 yang notabene relatif lebih aman dibanding saham lain. Why? Saham yang terdaftar dalam indeks LQ-45 itu tercatat perusahaan-perusahaanya memiliki kapitalisasi pasar tinggi, nilai transaksi tinggi dan memiliki nilai kondisi keuangan dan prospek pertumbuhan yang tinggi. Sekali lagi ingat, hindari investasi saham jangka pendek atau day trading dan terus konsisten nabung saham tiap minggu atau tiap bulannya.

Baca Juga: Mengenal Kakeibo – Cara Menabung untuk Anak Muda

5. Buy, Hold and Watch
berita saham untuk pemula
Selalu Up to date terhadap berita-berita dan trends terkini
Source: Freepik.com

Prinsip ini menurut Feeble, sangat efektif untuk membuat nilai investasimu makin besar. Sejatinya investasi saham dapat menjanjikan untung yang tinggi dalam jangka waktu yang panjang seiring dengan baiknya performance perusahaan yang kamu beli sahamnya. Tapi, jangan tutup telinga dan tutup mata aja sob! Kamu tetep harus melek informasi, terus up to date terhadap berita-berita mengenai trends. Serta informasi yang related dengan perusahaan yang sahamnya kamu beli. Kondisi lingkungan bisnis dapat berubah sewaktu-waktu, kita harus pantau terus performance perusahaannya dan lihat prospek ke depannya bagaimana. Kemampuan analisis setingkat detektif Conan sangat dibutuhkan disini.

Itulah cara-cara investasi saham yang mudah bagi para pemula dari Feeble. Kamu jangan malu untuk meminta pendapat brokermu atau orang lain yang kompeten, jangan salah tanya, kalau kamu tanya ke captain Tsubasa, Feeble berani jamin beliau tidak akan paham. So, jangan takut ya kawan! Seperti quotes dalam buku tulis s*nar dunia, “experience is the best teacher“.

2 thoughts on “Inilah Cara Investasi Saham Untuk Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *