fbpx
Cara menabung untuk anak muda

Mengenal Kakeibo: Cara Menabung untuk Anak Muda

Lagi mencari cara menabung yang cocok untuk anak muda? Menabung untuk anak muda itu susah pake banget. Apalagi menabung untuk anak muda yang lagi banyak banget maunya. Mau sebagaimana besar keinginganmu untuk menabung, pada akhirnya uang di rekening bank berteriak saking dikitnya kan? Kami dengar teriakan itu,bung!

Bukan mengenai berapa banyak uang yang kamu hasilkan, melainkan berapa banyak uang yang kamu simpan, seberapa besar uang itu berguna untukmu, dan untuk berapa generasi uang itu dapat kamu pergunakan.

Robert T.Kiyosaki – Penulis Rich Dad vs. Poor Dad
menabung untuk anak muda
Kakeibo – seni menabung dari jepang
Source: Freepik.com

Terkadang untuk anak muda, nggak jarang suka menyadari uang yang udah di dapatkan dengan susah payah dan penuh ngomel-ngomel itu lari kemana. Bayar tagihan kosan, beli pulsa internet, jajan kopi-kopi kekinian, dan ongkos transport naik ojek online. Mungkin beberapa ada yang berpikiran, “Menabung untuk anak muda cuma bullshit, Habiskan saja semua uangnya! Kamu masih kuliah! Nggak usah mimpi punya rumah sendiri sekarang, nggak usah mimpi pengen pensiun dini!Beli aja nih Kopi Putri duyung, mumpung lagi Buy One Get One!Kamu berhak manjain diri sendiri”.

Baca Juga: 8 Perbedaan Pengusaha Sukses dan Biasa

Eitss, hati-hati wahai anak muda. Untuk kalian anak muda yang mau menabung. Ayoo kita mengenal Kakeibo, Seni menabung dari Jepang- Sebuah jurnal budgeting dan obrolan trending khalayak Jepang. Dibuat di tahun 1905, sistem ini terlihat simple dan mudah dipahami. Dibuat oleh Hani Matoko, seorang jurnalis wanita pertama di Jepang, membuat Kakeibo untuk membantu wanita karir yang sibuk untuk mengatur keuangannya agar terus dalam kondisi prima.

buku kakeibo
Buku Kakeibo
Source: amazon.com

Ayo simak hal-hal yang perlu kalian tahu tentang Kakeibo:

Menulis itu sangat membantu untuk anak muda yang mau menabung
menabung untuk anak muda
Mencatat segala pengeluaran dan pendapatan dengan Kakeibo
Source: Freepik.com

Menabung untuk anak muda bukanlah sebuah hal yang sulit. Fungsi Kakeibo itu untuk mencatat segala pengeluaran kamu, mencatat di handphone atau excel ternyata tidak cukup. Menulisnya di kertas itu merupakan hal mendasar dalam seni Kakeibo.

Simpelnya begini, Kalian catet uang kalian mau dipakai untuk apa saja, berapa uang yang mau ditabung, dan bagaimana cara untuk memenuhi kebutuhan kalian. Lalu kita review deh, bagaimana pencapaian kita hingga saat ini. Ah min ini kan lebih relevan buat orang yang udah ngantor? Siapa kata? Metode ini bisa dipakai untuk semua umur, dari anak SD yang uang jajannya dipake buat ke Warnet sampai Orang Lansia yang uangnya cuma dapet dari pensiunan aja.

Why? Dunia kita bergerak sangat cepat, dengan mudahnya kita bisa membeli ini itu dengan instan. Nah, kakeibo ada untuk memperlambat kita dalam mebuat keputusan untuk membeli sesuatu, nggak asal spontan, jadi kita bisa lebih bijak dalam mengeluarkan uang. Misalkan, kita mau beli sepatu baru karena ada diskon besar-besaran, kita lihat dulu membeli sepatu ada dalam daftar keperluan yang perlu di beli saat ini atau tidak? Dengan membeli sepatu ini, berapa uang tabungan yang harus dikorbankan? Apakah kamu memang butuh sepatu baru? Ingat ya guys butuh itu beda jauh dengan pengen.

Memberlakukan pengeluaran tetap (fixed cost)

Pada awal bulan, kamu harus harus tahu berapa jumlah uang yang kamu punya saat ini, catat semua sumber pemasukan uang kamu saat ini, mau uang dari orang tua, uang kerja sambilan, uang hasil rogoh-rogoh kantung celana, catat semua guys!

Tentukan berapa pengeluaran tetapnya (fixed cost) seperti bayar kosan, beli pulsa, ongkos transportasi. Nah, kurangi jumlah pemasukan kalian dengan pengeluaran tetap ini.

Dari sini baru deh sisanya bebas mau kalian pakai untuk menabung atau belanja (tapi yang bijak ya). Kalo Feeble sendiri belanja bijak itu bisa juga dalam bentuk investasi, kalau kamu belum paham investasi saham, kamu bisa investasi emas, investasi reksadana atau investasi menggunakan crowd-funder yang sudah terdaftar di OJK, cek disini. Jumlah yang ditabung cuma sedikit? Jangan menyerah guys – pertandingan baru saja di mulai kalau menurut Kapten Tsubasa. Terdengar mudah kan? Tentu saja.

Baca Juga: 5 bisnis untuk Mahasiswa, bisa sambil kuliah lho!

Membagi Pengeluaran
jujur
Jujurlah pada diri sendiri
Source: Freepik.com

Kamu harus jujur mengenai kebutuhan dan keinginanmu. Kalau kamu bisa menentukan berapa jumlah pendapatanmu saat ini, kamu juga harus bisa menentukan berapa jumlah uang yang harus keluar. Jadi, ayo kita cari tahu bagaimana cara kita menggunakan sisa uangnya – dengan cara yang bijak tentu saja bung.

Dengan teknik Kakeibo, kamu harus membagi pengeluaranmu menjadi beberapa kategori yang akan dijelaskan lebih rinci, isinya dapat berupa jajan makanan, beli kopi, isi pulsa internet, beli bahan buat masak, dan lain-lain. Lalu kamu bagi pengeluaran-pengeluaran itu apakah masuk ke kategori pengeluaran yang kamu sangat butuhkan atau kamu sangat inginkan. Contohnya, kita butuh makan – pastinya itu sebuah ‘kebutuhan’.

Jujurlah pada diri sendiri

Coba kita lebih jujur pada diri kita sendiri, makan siang adalah sebuah habit atau kebiasaan turun temurun yang udah mengakar kokoh di masyarakat kita, tapi apakah kamu butuh makan siang yang membutuhkan uang besar?apakah ada subtitusi/pengganti dari makan siang itu? Membawa bekal mungkin? Atau, kita tak perlu mengikuti tradisi makan siang dan tunggu hingga makan malam saja, toh sebenarnya tubuh kita cukup makan sehari 2x saja asal gizinya mencukupi. Apakah kita perlu memakai uang tersebut untuk membeli makanan yang kita inginkan? Coba deh feebers renungkan ada nggak sisa uang membeli makanan itu sebenarnya bisa disisihkan untuk menambah budget kebutuhan lain yang lebih penting. Tanpa kamu sadari, ternyata jajan makanan itu sangat mendominasi budget pengeluaran kamu setiap harinya.

Fokus ke jumlah “pengeluaran” bukan jumlah “tabungan”

Eitss jangan salah tangkap boss, Kita kan sudah bekerja sangat keras untuk hidup, ya harus ada rewardnya dong. Feeble sangat setuju banget kalo kamu harus ngasih reward buat diri kamu yang sudah berjuang ngumpulin uang.

meme self reward
Self Reward itu sangat diperlukan
Source: Giphy.com

Kita bekerja sangat keras untuk hidup, begitu pula untuk bahagia. Kita harus selalu ingat kalimat ini ketika menabung. Jangan sampai menabung malah membuat kalian jadi kurang gairah hidup, dan demotivasi. Kalau kita menabung tapi bukan untuk digunakan untuk mendapatkan apa yang kita mau, kita pasti udah males duluan buat nabung. Jadikan Kakeibo sebagai cara kalian mendapatkan sesuatu yang sangat kalian butuhkan di masa ini dan masa depan. Bagaimana menghasilkan uang lebih untuk membeli motor idaman, bagaimana kamu bisa pensiun di umur 35 tahun, dengan budgeting kita dapat mengetahui apa yang bisa kita lakukan dan mendapatkan apa yang kita inginkan.

Selalu Pakai Uang Cash
uang tunai
Selalu menggunakan uang cash
Source: Freepik.com

Selalu pakai uang cash dalam setiap transaksi. “Jaman gini masih aja pakai uang cash,” kalimat ini selalu kita dengar belakangan ini. Banyak perusahaan-perusahaan yang menawarkan kemudahan dalam bertransaksi, mau beli makan tinggal klik di aplikasi handphone, mau nyicil beli tiket pesawat tinggal klik di aplikasi handphone. Kemudahan ini yang menjadi salah satu faktor kita dengan spontan mengeluarkan uang, bisa dibilang suka menyesal belakangan.

Niat beli minum di supermarket harga 5.000an, eh ada penawaran belanja pakai aplikasi dapat cashback. Yang tanpa kita sadari, kita udah kejebak dan mau-nggak mau kedepannya belanja pakai aplikasi itu lagi. Hmm… cerdiknya aplikasi-aplikasi ini memanfaatkan kepolosan sobat Feeble sekalian. But its okay, jika kalian dapat mengontrol pengeluaran harian kalian.

Tidak sedikit orang-orang Jepang yang menggunakan teknik Kakeibo membudget keuangan mereka dengan memisahkannya menggunakan amplop. Untuk pengeluaran tetap tiap hari, mereka sudah membagi-bagi dalam amplop terpisah tiap harinya. Dan menurut mereka, cara itu sangat efektif untuk menahan sifat konsumtif mereka. Tapi ingat, harus berkomitmen! Jangan nakal ambil jatah uang besok untuk hari ini.

Mengakhiri bulan dengan evaluasi

Inilah hal yang paling krusial dalam seni Kakeibo. Refleksi. Dalam seni Kakeibo, kamu diminta untuk melihat laporan pengeluaran kamu dalam 4 minggu belakangan ini, menimbang kelebihan dan kekurangannya untuk menentukan Goals atau Sasaran di bulan depan. Kalau kamu input pengeluaran kamu di aplikasi handphone, kamu tidak akan mendapatkan insight atau pandangan yang lebih luas dari kondisi finansialmu.

evaluasi diri
Evaluasi atas pencapaian bulan ini
Source: Giphy.com

Walaupun kamu menyisihkan uang untuk menabung dikit demi dikit tiap harinya, di akhir bulan kamu bisa tahu bahwa jumlah tersebut dapat bertambah dan berkurang tergantung dari pola konsumtif kamu. Dan Feeble berharap dengan refleksi ini, kamu dapat merasakan semangat dan kesenangan menabung dikit demi dikit demi mendapatkan apa yang kamu mau.

Jadi apakah kamu sudah siap untuk menabung? Apapun bisa kamu dapatkan jika kamu terus berjuang dan bijak dalam bertindak. Dan jangan lupa untuk berbangga atas pencapaian bulanan kamu menggunakan teknik Kakeibo ini. Cheers!

3 thoughts on “Mengenal Kakeibo: Cara Menabung untuk Anak Muda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *