fbpx
investasi bodong

Awas! Hindari Investasi Bodong di 2020!

Tahun baru nih, udah 2020 tapi masih terusik sama rasa ketar-ketir takut ditipu sama investasi bodong. Siapa juga yang mau ketipu investasi bodong? Mimin yakin, satu pun dari kita nggak kepengen hal itu terjadi!

Kenapa investasi bodong mulai bermunculan di sekitar kita? Sebab kemudahan dalam mendaftar dan bertransaksi semua serba online saja kita udah bisa lho mulai berinvestasi reksa dana ataupun sbn ritel. Susah payah ya kan nabung buat modal investasi pertama kali, eeehh malah kena pelorot oknum-oknum tak bertanggung jawab. Kan sedih yak kejebak investasi bodong..
Nah, maka dari itu mimin pengen banget bantu meningkatkan kesadaran supaya dalam berinvestasi kita jangan sekedar ikut-ikutan ajakan orang lain. Serta agar kita lebih berhati-hati juga dengan adanya pihak yang menawarkan investasi namun kita tidak pernah mendengar produk atau instrumen investasinya bahkan company tersebut.
Lalu, Ciri-Ciri Investasi Bodong Itu Seperti Apa Aja Sih yang patut kita curigai dan harus dihindari? Simak penjelasan berikut yuk!

Menawarkan Return Yang Sangat Tinggi

Hari giniiiii ya gaes modal dikit maunya untung banyak?!? Bahkan para pengusaha sukses aja dulunya berjuang mati-matian habis di modal uang, tenaga, gak cuma waktu doang yang terkuras habis lho! Sedangkan investasi bodong malah nawarin dapet untung dan return yang cepat, udah gitu nilainya sama sekali ORA UMUM coba.. Kira-kira masuk akal nggak? Pasar uang aja meskipun sebagian besar memberi prospek ke depan akan selalu untung, but tidak sebesar obligasi atau saham. Mentok di nilai maksimal yang beda dikit dengan deposito bank, udah gitu perkembangan kenaikannya agak lambat kan.
Padahal nih ya gaes, kita bikin mie goreng aja ada resikonya contohnya kena belepotan bumbu pas bukain bungkusnya satu-satu huhuhu.. Lhah apalagi kalo ada hubungannya sama duit-duit, kan!?

return investasi bodong
Gambar oleh Pixabay
Tidak Disertai Izin OJK

Mimin beberapa kali mengingatkan di artikel-artikel Feeble sebelumnya yah, kalau memang ragu dengan adanya kemunculan fintech yang baru sebaiknya kroscek langsung aja deh keberadaannya udah legal atau belum. Perusahaan investasi yang legal pasti mendapat izin dari OJK terlebih dahulu sebelum mulai beroperasi. Jikalau perusahaan investasi bergerak di sektor koperasi, maka perlu mendapatkan izin dari Kementerian Koperasi.
Gampangnya sih buat lihat apakah udah ada izin OJK atau belum, ada logo OJK di website perusahaan investasi tersebut. Logo OJK juga disertakan pada aplikasi investasinya kok gaes..

Tanpa Menyantumkan Prospektus dan Analisis Kinerja

“Prospektus dan analisis kinerja itu apa sih, min?”
Mimin simpulkan definisi prospektus reksa dana dari Bareksa yah. Bentuk dari prospektus itu dokumen yang isinya informasi detail tentang sebuah produk reksa dana. Keterangannya ada tentang pembentukan reksa dana sampai dengan penyebarluasan prospektusnya. Selain itu, detail tentang NAB dan unit pembelian reksa dana pun dijelaskan sehingga bisa jadi perbandingan reksa dana lain mana yang lebih cocok untukmu. Dan, ada juga penjelasan tentang penyebab penurunan nilai reksa dana, bahkan tentang likuidasi atau pembubaran jika hal buruk (jangan sampai) bisa terjadi.

Kalau kamu pengen tau tentang analisis kinerja setiap produk investasi reksa dana, bisa kok download dokumennya. Dari situ kamu bisa lihat kinerjanya di masa lalu apakah naik ataukah turun. Misal, tiga tahun terakhir nilainya naik terus dengan stabil maka bisa dikira-kira ke depan akan seperti apa kondisinya. Tentunya dipengaruhi juga dengan kondisi ekonomi, keuangan, sosial, politik, lingkungan, dan lain-lain yang ada di negara kita.

kinerja investasi
Gambar oleh Pixabay
Alur Pengelolaan Dana Investasi Malah Ngelantur

Untuk mengetahui alur pengelolaan dana investasi bisa dengan bertanya langsung kepada perusahaan. Pada fintech kadang sudah menyantumkan pertanyaan ini di kolom Q&A website mereka. Namun, seringkali kebanyakan dari perusahaan sudah menunjukkan dengan detail tentang alokasi dana akan dikelola pada sektor apa saja ya di dalam masing-masing produk investasi tersebut. Setiap produk reksa dana misalnya gaes, memiliki bidang penyaluran yang berbeda-beda meskipun berada di jenis yang sama-sama pasar uang atau obligasi ataukah sama-sama sahamnya. Detailnya bisa didownload dari dokumen bernama Fund Fact Sheet (FFS) setiap produk.
Pokoknya, pastikan selalu ada rules pengelolaan dananya mau dikemanakan ya gaes! Sebab sembarangan malah tau tau bisa dapet investasi ilegal yang aliran uangnya muter-muter di perjudian, kan BAHAYA!

Sudah mulai tenang hatinya kawan-kawanku semua? Oke lanjuuuttt…

Feeble Kasih Data dari OJK yah, Investasi Bodong Mana Aja Yang Udah Ditutup!
data investasi bodong
Daftar Entitas Investasi Ilegal oleh OJK

Mimin harapkan, list-list tersebut menjadi acuan kalian untuk mengira-ngira biasanya jenis investasi yang seperti apa dan link website investasi bernama apa yang berpotensi meragukan. Misalkan aja ya di atas ada Trimegah, yang mana Trimegah Sekuritas sendiri punya website official yaitu https://www.trimegah.com/id/site kan. Sedangkan di investasi ilegal di atas tadi ada embel-embel penambahan kata ‘Forex‘ tuh meskipun websitenya berdomain ‘co.id’. Seakan-akan official perusahaan yang aman yaa, but ternyata itu menjebak lho!

Belajar dari pengetahuan yang mimin berikut ini, yuk rajin-rajin cari tahu dan informasi mengenai perusahaan-perusahaan investasi. Nggak perlu dengan effort yang terlalu memberatkan, minimal jika kamu ditawarin atau mendengar nama perusahaan investasi yang asing di telinga, langsung deh cek di internet atau kalo perlu langsung mengirim pesan kepada pihak OJK di konsumen@ojk.go.id ya.

Akhir kata nih… Perbanyak Pengetahuan Tentang Investasi, Yuk!

3 thoughts on “Awas! Hindari Investasi Bodong di 2020!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *