fbpx

5 Alasan Berinvestasi di Usia Muda

Tren masa kini menjadi alasan berinvestasi bagi usia muda. Biasanya masa-masa muda sering identik sama dikit-dikit beli boba, dikit-dikit jajan batagor, dikit-dikit belanja di shopee. Gitu aja terus sampe dompet jebol. Banyak sih yang bilang kalau usia muda pada kenyataannya sering kita manfaatin buat senang-senang bareng teman-teman, ngehabisin uang buat jalan-jalan bareng, refreshing bareng.  Sampe-sampe awal bulan dapet uang jajan dari orang tua, eh akhir bulan uangnya cuma bisa buat beli pop mie aja. Nah lho? Yakin nih sama pepatah ‘Usia Muda Foya-foya, Tua Kaya Raya, Mati Masuk Surga’?

“Trus harus gimana dong kak?” Nih.. Feeble.id punya alasan berinvestasi buat para kita semua supaya pada yakin bahwa mindset kuno itu perlu diubah. Simak penjelasan di bawah ini yang bakal jabarin apa aja alasan berinvestasi bagi kita dan juga menabung saat usia masih muda.

Firstly… Investasi berbeda dengan menabung
alasan berinvestasi
investasi tidak sama dengan menabunghttps://spark.adobe.com

Menabung itu tidak sama lho dengan investasi. Feebers menyisihkan uang tiap minggu 10.000 rupiah untuk ditaruh di dalam kotak uang atau sekarang yang lebih modern sih punya dua rekening, satunya buat menabung, satunya lagi buat dapet uang jajan dari orang tua. Rekening untuk menabung tadi gak akan kita pakai untuk jajan sama sekali, benar-benar disimpan sampai kita yakin di saat tertentu butuh untuk pakai tabungan itu.

Bedanya dengan investasi, yaitu uang yang kita sisihkan untuk menabung nanti bisa bertambah dan bisa kita tentukan sendiri lho tujuannya untuk apa aja. Kalau kita nabung di bank sih biasanya tiap bulan kena potongan uang administrasi ya yang mana jumlahnya lumayan banget lah. Menyimpan di kotak uang juga gak aman, bisa aja kelupaan naruh dimana, bisa juga tiba-tiba muncul rayap kan sayang kalau uangnya digerogotin. So, kamu lebih milih nabung pakai cara lama gak nih? Atau belum terpikir alasan berinvestasi sampai sekarang? Lanjut yuukkk…

Baca juga : Hindari Investasi Bodong di 2020!

Secondly… Gak usah takut berinvestasi
usia muda jangan takut investasi
takut investasi bodongwww.freepik.com

“Takut nih kak kena investasi bodong”. Gak usah takut ya feebers karena sekarang banyak banget perusahaan bidang investasi yang bisa ngebantu kita lewat kemudahan platform digital mereka. Tinggal kita pilih aja mana yang cocok buat kita. Sebagian besar perusahaan financial technology tersebut merupakan perusahaan besar, terkenal, dan terpercaya.

Nih, Feeble.id kasih rekomendasi perusahaan tren masa kini untuk berinvestasi, contohnya Bibit, Bareksa, Tanamduit, Invisee. Semua perusahaan terpercaya tersebut sudah terdaftar dan diawasi pula oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Awalnya mungkin harus belajar dulu ya memahami cara kerja sistemnya satu per satu, for example sih seperti memperkirakan setelah berinvest sebaiknya investor mencairkan uangnya kapan, bagusnya memilih produk investasi yang mana untuk mahasiswa. Likewise begitu yah. Dan kabar baiknya adalah di perusahaan rekomendasi yang kami berikan tadi itu semuanya menyajikan fasilitas self-learning untuk kita yang masih awam dalam berinvestasi dan juga membantu kita untuk mengetahui profil risikonya. Sehingga produk yang feebers pilih nanti akan sesuai dengan karakter dan kebutuhan masing-masing.

Thirdly… Bukan cuma pekerja yang boleh berinvestasi
investasi untuk mahasiswa
mahasiswa bisa investasiwww.freepik.com

Memangnya cuma orang yang udah kerja aja yang punya tujuan hidup? Meski masih mahasiswa, Feebers juga berhak kok menentukan tujuan hidup dan mengatur keuangan sendiri. Bahkan mulai dari 10.000 aja kita sudah bisa untuk berinvestasi. Nantinya peningkatan keuntungan bisa kita pilih sendiri mau dicapai sampai berapa tahun, bisa selama setahun, dua tahun, tiga tahun, atau mungkin lima tahun. In conclusion, dari sekian banyak produk investasi juga bisa lho dipilih mana yang persentasenya paling pas dengan profil risiko atau bahkan persentase lebih tinggi jika ada beberapa produk serupa yang kita sukai. Seru kan? So, gak cuma para pekerja aja yang berhak pilih-pilih, mahasiswa juga.

Baca juga : Usia Muda Dennis Adhiswara Sudah Kenal Reksadana

Fourthly… Kapanpun bisa berinvestasi
alasan berinvestasi
mahasiswi freelance tenangwww.freepik.com

Pernah kebayang gak, kalau udah lulus kuliah nanti bakal banyak banget kebutuhan yang harus disiapin. Mulai dari menyiapkan biaya wisuda, beli kertas-kertas buat ngeprint CV sebelum lamar pekerjaan. Belum juga uang transport selama perjalanan saat mencari kerja. Oke sih kalau habis skripsi bisa langsung dapat kerja sambilan semacam freelance gitu, nah kalau belum? Pikiran kita bakal buntu dua kali karena belum ada uang tambahan untuk menutupi kekurangan tabungan kita yang udah terpakai untuk kebutuhan-kebutuhan penting atau bahkan sifatnya mendadak. Kalau dihitung-hitung mulai sekarang nih ya, sebelum lulus kuliah atau baru masuk kuliah, idealnya nanti kurang dari tiga tahun atau bahkan dalam setahun aja udah bisa nyairin uang investasi kita yang udah bertambah banyak dengan persentase pertambahan yang maksimal dan tanpa pajak.

Fifthly… Kaya di usia muda itu idaman para mertua
alasan berinvestasi
investasi bikin disayangwww.freepik.com

Mahasiswa sejatinya mulai menginjak usia dewasa kan. Berarti udah saatnya untuk mulai memikirkan perencanaan masa depan mau jadi apa. Mau bekerja dulu kah supaya punya jabatan yang bagus, mau kuliah lagi kah supaya jadi dosen, mau punya usaha sendiri kah supaya jadi entrepreneur yang bermanfaat, semuanya butuh modal, gak cuma uang but juga kompetensi diri. Ujung-ujungnya dalam perjalanan hidup kita gak tahu kapan bakal ketemu sama jodoh kita. Bisa jadi ketemu sebelum kita menjadi orang yang sukses, bisa juga udah ketemu saat kita kuliah, but kita gak nyadar dan memang belum siap untuk saling bersatu.

Nah ayok deh, Feeble.id ngajak kalian semua untuk punya alasan berinvestasi agar pada melek investasi. Supaya apa? Gak hanya agar cepat kaya, however supaya feebers punya kemampuan dalam mengelola keuangan sejak dini dan mampu mengendalikan diri untuk gak gampang mengeluarkan uang demi jebakan tren sesaat. Mengatur keuangan sejak masih muda aja sanggup, gak salah dong kalau mertua nanti bakal mempercayakan banget anaknya untuk hidup bersama kamu. Cieee..

9 thoughts on “5 Alasan Berinvestasi di Usia Muda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *