fbpx
Pengusaha Sukses vs.Pengusaha Biasa

8 Perbedaan Pengusaha Sukses dan Biasa

Pengusaha sukses tidak menunggu kedatangan momen yang tepat, dia ada untuk membuat momen yang tepat

Richard Branson, Founder Virgin Group.

Kegagalan adalah hal yang sangat menyedihkan dan tidak dapat dihindari dalam berbisnis. Kegagalan menjadi penghalang yang tidak dapat dihindari dalam perjalanan menuju kesuksesan. Tapi terkadang, kesuksesan itu dapat diraih hanya dengan satu dorongan dari kegagalan yang paling pelik. Menjadi Pengusaha sukses bukanlah sebuah angan-angan belaka jika Feebers terus berusaha.

Apa kalian tahu apa yang membedakan pengusaha sukses dengan pengusaha lainnya? Jawabannya adalah Pengusaha sukses memiliki pola pikir yang sangat unik dan berbeda dengan mayoritas Pengusaha lainnya. Jika Feebers berpikir kalau menjadi seorang Pengusaha bisa membuat cepat kaya dan lebih fleksibel, coba dipikir lagi karena nyatanya menjadi Pengusaha tidak sebercanda itu fergusso. Ayo simak 8 perbedaan Pengusaha Sukses dan Pengusaha biasa ala Feebers.id!

1. Perencanaan Matang Vs. Perencanaan ‘Manis’
Perencanaan Matang vs. Perencanaan Manisan
Source : Freepik.com

Menurut Shannon Sage dalam “Surprising Strategic Planning“, 90% Perusahaan di US gagal menjalankan strategi bisnisnya karena mayoritas Pekerjanya tidak memahami tujuan perusahaannya. Pengusaha yang hebat mungkin seringkali akan terdengar gila karena ide nya, tapi mereka tahu apa yang mereka lakukan. Dia memiliki tujuan yang jelas dan merancang bagaimana tujuan itu bisa diraih dengan strategi yang efektif. Sebaliknya, Pengusaha biasa biasanya membuat rencana bisnis hanya untuk memuaskan investor atau pihak ke tiga tapi kalau untuk diri dan tim yahh yang penting papa senang aja deh.

2. Perusahaan Hidup Lama vs Perusahaan Hidup Sebentar
Pengusaha Sukses
Source: Giphy.com

Seorang Pengusaha harusnya membangun perusahaan yang dapat hidup dalam waktu yang sangat panjang dan bertahan dalam berbagai krisis. Pengusaha biasa memulai bisnis hanya karena sedang Hot dan Trending, tidak peduli mereka memiliki passion atau skill untuk menjalankannya. Padahal, jaman sekarang banyak sekali perusahaan start up yang artinya banyak juga persaingan bisnis. Jika tergerus jaman hanya karena mengincar yang lagi trending aja, bisa bahaya! Sebuah klise sih, tapi ini benar adanya bahwa kita harus mengikuti kemana arah passion membawa kita. Karena dengan kita senang, maka kita bisa menang.

Baca juga: 5 Alasan Berinvestasi di Usia Muda

3. Selalu Bertanggung Jawab Atas Kesalahannya dan Tidak Menyalahkan Orang Lain

Pengusaha seharusnya adalah seseorang selalu rendah hati dan pemimpin yang bertanggung jawab jika timnya gagal. Daripada menyalahkan orang lain, Pemimpin yang benar selalu mengkoreksi timnya, dan membuat timnya menjadi lebih baik sehingga tujuan dapat tercapai dengan baik pula. Sebaliknya, pengusaha yang kurang sukses lebih reaktif daripada proaktif, ke-sembronoan-nya membuat tim menjadi tidak nyaman.

4. Fokus Kepada “Return” daripada “Cost”
fokus return
Source: Giphy.com

Dia lebih tertarik dengan apa yang bisa didapat dan diusahakan untuk saat ini dan masa depan. Sebaliknya Pengusaha biasa akan bertanya “Berapa harganya?”. Mereka cenderung membeli atau mengkonsumsi barang dengan hemat dan tidak terlalu memperhatikan kualitasnya.

5. Mempekerjakan Seorang Professional Bukan Seorang Budak

Kebanyakan pengusaha top selalu merekrut orang yang lebih pintar dari dirinya dan lebih ahli di bagiannya. Pengusaha biasa selalu merekrut pegawai “Yes Man” yang selalu mengikuti apa kata bos tanpa bertanya lebih lanjut. Contohnya seperti Big Boss Alibaba, Jack Ma. Awal mula beliau sebelum membangun Alibaba, beliau selalu ditolak saat melamar kerja, tetapi dengan sikap gigih dan pantang menyerah, bersama dengan tim nya yang sangat ahli dibidangnya masing-masing, Alibaba tumbuh menjadi perusahaan besar dan ternama di Dunia dan menjadikan Jack Ma masuk kedalam 50 orang terkaya di dunia dengan nilai kekayaan US$ 38 Milyar.

6. Sangat Suka Mengajar dan Belajar

Pengusaha top seperti Bill Gates sangat suka belajar, Bill Gates membaca kurang lebih 50 buku setiap tahunnya. Apa yang membuat dia sangat termotivasi untuk membaca buku? Mereka memiliki rasa ingin tahu yang besar, buku selalu menambah pengetahuan baru. Bill Gates pernah berkata dalam interviewnya dengan Time Magazine kalau “Kita tak akan menua kecuali kita berhenti untuk belajar, dan membaca buku memiliki peran yang sangat penting untuk menjadi sukses”. Wow, Feebers ayo mulai biasakan membaca buku!

7. Berbisnis Untuk Membuat Perbedaan, Bukan Profit
ide pengusaha sukses
Source: Freepik.com

Pengusaha yang baik sangat ingin membuat perubahan dan membuat bisnisnya dapat membantu lingkungan atau komunitas. Mereka sangat termotivasi untuk membuat bumi menjadi tempat yang nyaman dan aman untuk ditinggali. Sebaliknya Pengusaha biasa tidak memikirkan hal lain selain profit dan kesuksesan.

8. Pantang Menyerah

Satu kata paling tabu untuk Pengusaha adalah “Menyerah”. Pengusaha sebaiknya percaya bahwa kesuksesan adalah sebuah perjalanan panjang yang membutuhkan proses dan kesabaran. Mereka menggunakan hidup dan hati mereka saat membangun usaha, membuat mereka tetap teguh mengejar impian ditengah terpaan cobaan. Sebaliknya Pengusaha biasa banyak yang menjadi demotivasi ketika gagal. Elon Musk, Founder Space X dan Paypal, sebelum menjadi bilionaire, Paypal masuk dalam daftar Top 10 ide bisnis yang buruk, serta Tesla dan Space X hampir bangkrut. Tapi tanpa kegagalan tersebut, Ellon Musk tidak akan pernah menjadi bilionaire.

Bagaimana perasaan kalian setelah membaca tips dari kami? Semoga kalian semua menjadi termotivasi untuk menjadi lebih baik dan pastinya menjadi sukses di usia muda!

5 thoughts on “8 Perbedaan Pengusaha Sukses dan Biasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *