fbpx
branding bisnis

7 Tren Masa Kini Dalam Branding Bisnis

Guys, pengen ga sih belajar bisnis kecil – kecilan untuk nambah uang jajan? Atau mungkin mau belajar nabung dan belajar bisnis? Atau kalian bosan dengan pekerjaan kalian sehari-hari dan ingin memulai hal yang baru. Faktanya, berbagai macam bisnis tren masa kini bisa lho kalian jadikan referensi bisnis yang baik lho guys..

Apa saja sih online bisnis yang sedang  tren masa kini? Penasaran? Ikutin yuk! Berikut adalah teknik branding sederhana yang sesuai dengan tren masa kini yang bisa kalian tiru. Langsung aja kuy!

Ambil pain customer

Kalian pastinya sering dong melihat iklan yang diawali dengan informasi yang menunjukan pain orang lain. Lalu, kemudian produknya dijadikan sebagai solusi agar pain tersebut tidak terjadi? Awalnya media tersebut memberikan informasi tentang suatu tragedi. Dengan cara seperti itu, media tersebut mendapatkan fear seseorang akan terjadinya suatu hal yang sama terhadap dirinya. Cara ini memang cukup menarik dan banyak digunakan oleh kebanyakan orang sekarang ini. Cara ini disebut dengan soft selling. Dengan cara ini, kita memposisikan diri kita sebagai customer dibandingkan sebagai penjual. Dengan cara itu, kita memahami needs / kebutuhan mereka.

Visualisasi yang baik
tren masa kini
Sadar ga sih guys, apa ciri-ciri iklan, maupun artikel yang baik? Benar! Visualisasi jawabannya! Kalian pastinya akan bosan jika kalian terus-menerus melihat tulisan secara bersamaan. Oleh karena itu, perlu bagi kita memberikan sesuatu yang menarik agar tampilan toko baik online, maupun offline.

Baca juga : 8 Perbedaan Pengusaha Sukses dan Biasa

Memberikan info yang berguna

Jualan, jualan, jualan.. Bosen ga sih? Ya, itulah yang dilakukan oleh para marketing konvensional. Bosen ga sih guys kalau kalian di kasih info konten jualan terus? Ga ada info yang menarik, ga ada informasi tambahan untuk kita. Nah.. Sebenarnya ini mindset yang harus kita perbaiki. Jangan selalu kita melihat dari sisi seller terus ya guys. Coba kita memutarbalikan posisi kta sebagai pembeli.

Lantas, apa sih yang akan membuat pembeli memfollow akun instagram online shop kamu? Kalian harus memberikan sekilas info yang menarik dan berguna bagi para followers kalian. Apa yang harus kalian bisa berupa sekilas pengetahuan juga lho guys, ataupun pertanyaan agar memancing para followers  kalian untuk berinteraksi hingga saling tag satu sama lain. Misalnya, kalian menjual bunga. Kalian bisa membuat video tentang cara merawat bunga agar tahan lama diikuti dengan caption:
“Siapa yang belum tahu teknik ini? Tag teman kalian ya, yang suka dikasih bunga sama pasangannya ;)”

Contoh lainnya, kalian menjual cathering. Lalu, kalian berikan info sekilas makanan yang segar dan tidak segar. Dengan caption:
“Udah pada tau belum guys? Tag teman kalian yang bakalan jadi ibu ya guys, agar makanan buat anaknya tetap sehat!”
Kalau konten yang diberikan berupa knowledge yang menarik seperti ini dan dilakukan secara rutin serta konsisten. Siapa sih yang gamau follow akun sosial media kalian ?

Baca juga : Cara mengatur keuangan dengan gaji sedikit

Ditambah lagi guys, setelah kalian berikan konten tersebut, kalian bisa tunjukan bahan makanan kalian dan memastikan bahwa bahan makanan kalian segar dan tidak menggunakan pengawet. Setelah itu, kalian arahkan jika ingin membeli makanan cathering di tempat kalian. Kalau seperti ini, customer tentu lebih tertarik ya guys.. hehehhe

Memberikan nama custom di barang tumblr

Masih ingat kah guys dengan issue mengenai teknik branding yang telah dilakukan starbucks belakangan ini? Benar, mereka melakukannya dengan teknik penulisan nama yang salah. Lalu? Lalu, kita mempostingnya di instagram story. Setelah itu, Starbucks mendapatkan branding gratis dari kita. Sebuah teknik branding yang serupa juga telah dilakukan oleh Coca Cola. Mereka mencetak nama di label kemasan botol Coca Cola dengan nama – nama yang beragam, namun cukup umum di Indonesia.

Ikutin trend yang sedang berlangsung

Masih ingat dengan trend makanan bertemakan hitam? Seperti burger berwarna hitam, bumbu kentang, maupun yoghurt. Wah… Gimana cara buatnya ya, guys? Hadeh, mimin ga kepikiran.. Mengikuti trend adalah sebuah challenge. Jika usaha kalian bergerak dibidang kuliner, kalian harus belajar cara mengelola dan membuat warna makanan menjadi hitam. Beberapa makanan dengan tema warna hitam saat itu ramai dikunjungi pembeli. Atau masih ingat dengan trend makanan dengan wadah yang unik, yaitu berbentuk peralatan toilet. Walaupun tidak semua orang bisa makan dalam keadaan tersebut. Namun, café tersebut cukup dikunjungi pembeli lho guys. Menantang bukan? Faktanya, cara tersebut akan berdampak baik bagi usaha kalian.

Sekarang ini, trend yang sedang muncul adalah trend café dengan tampilan instagramable. Café tersebut biasanya menawarkan makanan yang sebenarnya biasa saja. Kebanyakan orang berkunjung hanya untuk berfoto-foto demi memperbaiki feeds instagram.

Eitss tunggu dulu, kalau kalian adalah orang yang cukup kreatif kalian bisa lho jadi trend setter kebanding mengikuti trend. Siapa tau, apa yang kalian ciptakan bersifat inovatif dan akan diikuti kebanyakan orang.

Gimana feebers? Tren masa kini dalam teknik branding apa yang pernah kalian lakukan untuk bisnis atau usaha kalian? Teknik branding mana juga nih yang paling populer? Semuanya kalian yang nilai ya guys 😉

One thought on “7 Tren Masa Kini Dalam Branding Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *