fbpx
cara menghabiskan uang

5 Cara Menghabiskan Uang Angpao

cara menghabiskan uang
Source: FEEBLE

Sebelum memulai pembahasan topik ini, Mimin F ingin mengucapkan Selamat Hari Imlek bagi yang merayakan semoga di tahun tikus ini semakin cuan ya kita semua! Nah, mumpung kalian masih banyak angpao-nya, jadi mimin ingin memberikan tips cara menghabiskan uang angpao! TENTUNYA cara menghabiskan uang tapi uangnya tidak 100% habis dan kemungkinan besar akan cuan di kemudian hari!

Baca juga: 5 Cara Investasi untuk Mahasiswa agar Banyak Uang

Cara Menghabiskan Uang #1: Membeli Saham!
meme ngoceh
Source: GIPHY

Kalian yang baru mendapatkan uang angpao, bisa menghabiskan uang kalian untuk membeli saham! Sebelum membeli saham jangan lupa untuk membaca laporan tahunan dan laporan keuangan dari perusahaan yang ingin kalian beli sahamnya! Ditambah kalian juga harus melihat pergerakan sahamnya!

Menurut CNBC Indonesia, dalam 10 tahun terakhir, rata-rata kenaikan harga saham di Indonesia sebesar 12%. Pada intinya, apabila kalian ingin membeli saham, kalian harus membaca report yang dibuat sama analyst juga ya! Biasanya para analyst membuat report mengenai forecast masa depan dari perusahaan tersebut.

Terakhir, kalian juga bisa membeli saham dengan mulai Rp 10 ribu saja lho! Karena tidak sedikit perusahaan yang menjual sahamnya di kisaran harga RP 100 per lembar yang artinya Rp 10 ribu untuk 1 lot saham. Bahkan masih ada yang lebih murah dari itu. Tapi mimin sarankan untuk beli yang masuk ke dalam Index LQ 45!

Cara #2: Membeli Reksadana!
fluctuative
Source: GIPHY

Cara yang kedua adalah membeli reksadana! Mengapa reksadana? Karena reksadana merupakan instrumen investasi yang mudah, terdapat manajer investasi yang mengelola investasi kalian. Jadi, kalian tidak perlu susah-susdah untuk memilih saham, obligasi, atau lainnya. Karena semua sudah dihitung oleh manajer investasi.

Kalian juga gak perlu bingung mau belinya dimana! Karena kalian bisa beli reksadana di e-commerce terkemuka di Indonesia dengan return di kisaran 6% dan yang lebih bikin bingung lagi adalah kalian bisa mulai investasi dengan Rp 10 ribu! Jadi bener-bener gak ada alasan lagi untuk gak memulai investasi!

Cara #3: Membeli Emas!
cara menghabiskan uang
Source: GIPHY

Emas merupakan salah satu cara untuk menghabiskan uang angpao kalian! Selain itu, investasi emas merupakan investasi yang aman dan mudah untuk diperjualbelikan ketika kalian sedang membutuhkan dana cepat saat butuh uang.

Menurut CNBC Indonesia, dalam tahun lalu return emas berada di kisaran 7,79% yang artinya lebih tinggi dari 11 instrumen investasi lainnya! Dengan return yang dapat dikatakan tinggi tersebut, Emas juga berhasil mematahkan pepatah yang mengatakan “low risk, low return”, yang kenyataannya return emas yang low risk, dapat memberikan high return.

Cara #4: Mengikuti Kelas Workshop atau Kursus!

Dengan semakin berkembangnya zaman, kalian selain harus membeli instrumen investasi, kalian juga harus invest ke diri kalian juga lho! Investasi yang dimaksud adalah dengan menambah skill di diri kalian sehingga kalian bisa memiliki value lebih agar bisa bersaing dengan orang lainnya! Beberapa cara untuk berinvestasi ke diri sendiri adalah dengan mengikuti workshop saat weekend ataupun mengikuti kelas intensif kursus di bidang tertentu yang ingin kalian geluti.

Salah satu kelas workshop saat weekend yang bisa kalian lakukan adalah mengikuti kelas yang diadakan oleh Kebun Kumara.

Kebun Kumara menawarkan kelas-kelas setiap weekend yang mengajarkan mulai dari membuat kompos di rumah hingga menanam tanaman. Selain kalian menambah ilmu baru, kalian juga bisa menjaga alam, serta membuka peluang bisnis baru seperti berjualan tanaman atau menjual wadah untuk membuat kompos.

Selanjutnya kalian juga bisa menginvestasikan diri kalian dengan mengikuti kelas intensif di Purwadhika Startup School. Purwadhika menawarkan berbagai kelas mulai dari data science, web development, UI/UX design, hingga digital marketing. Kelas yang ditawarkan terbagi menjadi dua jenis yakni full time dan part time.

Cara #5: Membeli Barang untuk Modal Usaha

cara menghabiskan uang
Source: GIPHY

Last, untuk menghabiskan angpao kalian, kalian juga bisa menggunakannya sebagai modal usaha. Kalian bisa belanja barang yang dibutuhkan untuk memulai usaha kalian dengan uang angpao yang kalian dapatkan.

Banyak sekali ide bisnis yang bisa kalian mulai, tentunya perlu pemikiran yang matang dan tidak perlu banyak berpikir. Karena apabila terlalu banyak berpikir nantinya kalian tidak memulainya.

Baca Juga: 5 Bisnis untuk Mahasiswa, Bisa Sambil Kuliah Lho!

Nah itu dia 5 cara menghabiskan angpao tapi uangnya tidak habis beneran karena dibelanjakan di hal-hal yang produktif. Semoga cara-cara tersebut dapat dijalankan dan jangan lupa komen di kolom komentar kalian sudah menggunakan untuk apa uang angpao kalian!

One thought on “5 Cara Menghabiskan Uang Angpao

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *