fbpx
banyak uang

5 Cara Investasi untuk Mahasiswa agar Banyak Uang

Pada kesempatan ini mimin akan bagi-bagi cara investasi untuk mahasiswa yah. Ilmu yang mimin pelajari selama 4 tahun sekolah sampe muka mimin bentukannya udah kayak angka HAHAHAHA… 

Mimin akan menjelaskan mengenai investasi yang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti penanaman uang atau modal dalam sebuah perusahaan atau proyek yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan. TAPI gak sedikit lho yang malah buntung gara-gara investasi. Sekali lagi tapi jangan takut untuk memulainya juga! Karena kita sudah merangkum nih beberapa cara investasi untuk mahasiswa agar masa depan kita menjadi cemerlang.

Apa itu investasi?

Investasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah penanaman modal atau uang dalam sebuah perusahaan atau proyek yang memiliki tujuan untuk memperoleh keuntungan. Secara lebih luas, investasi untuk mahasiswa tidak hanya dilakukan dengan menanamkan uang pada sebuah perusahaan, dengan berkuliah juga dapat dikatakan investasi karena kita mengharapkan mendapatkan ‘keuntungan’ di masa depan dengan gelar yang kita dapat selesai kita kuliah misalnya.

Kita harus mulai investasi dari usia muda agar masa depan lebih terasa aman dan tentunya memiliki banyak tabungan Sudah menjadi tren masa kini bahwa beberapa mahasiswa mungkin memang sudah melakukan investasi, namun yang belum melakukannya jauh lebih banyak dari yang sudah melakukan investasi.

Inilah beberapa instrumen investasi untuk mahasiswa yang dapat dimulai sejak dini:
1. Deposito
meme menabung
Source: giphy.com

Deposito merupakan salah satu instrumen investasi yang paling gak ribet buat kalian mahasiswa HAHAHA. Iya gak ribet karena kalian tinggal setor uang ke bank dan uang tersebut hanya bisa kalian ambil pada waktu tertentu saja. Periode penyimpanan uangnya bisa dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 1 tahun.

Return yang didapat dari deposito biasanya sekitar 5-8% angka tersebut sudah lebih tinggi dari tingkat inflasi bulan Oktober 2019 yang sebesar 3.13% lhooo menurut data dari Bank Indonesia. Namun, tidak selamanya return dari deposito itu selalu di atas inflasi, kalau inflasi sedang tinggi, bisa jadi returnnya tidak bisa menutupi inflasi tersebut. Tapi bagi kalian yang malas berinvestasi, mungkin kalian bisa mulai dari deposito!

Terus bagi kalian yang ingin punya banyak uang, ya tinggal jangan pernah ambil uang depositonya dan setiap ada return-nya juga kalian masukin juga ke deposito, lumayan bisa jadi buat modal nikah…

2. Emas
investasi emas
Source: giphy.com

Emas merupakan pilihan instrumen investasi selanjutnya buat kalian yang baru mau mulai investasi! Selain investasi emas itu aman, emas juga memiliki kelebihan yakni mudah untuk diperjualbelikan alias liquid. Cocok banget buat anak kuliahan yang suka tiba-tiba BU alias butuh uang.

Lebih menyenangkan lagi sejak satu tahun terakhir return dari emas di kisaran 7,79% (data dari CNBC Indonesia). Lalu, menurut CNBC Indonesia, return tersebut berhasil mengungguli 11 investasi lain! Namun, yang terpenting adalah return tersebut berhasil mematahkan pepatah yang mengatakan “low risk, low return”, yang kenyataannya return emas yang low risk, dapat memberikan high return.

Selain itu, dengan berinvestasi emas, kalian secara tidak langsung sudah mencicil emas kawin untuk seserahan di masa depan lho!

Baca juga: 5 Alasan Berinvestasi di Usia Muda

3. Reksadana
reksadana pasar uang
Source: danamon

Selanjutnya adalah reksadana. Bagi yang belum tahu reksadana itu apa… reksadana itu gabungan beberapa instrumen investasi yang bisa terdiri dari saham, obligasi, dan lainnya, lalu ada manajer investasi (MI) yang mengelola instrumen-instrumen investasi tersebut. Jadi mudah banget buat yang ingin investasi tapi belum begitu mengerti untuk mengelola saham ataupun obligasi jadi beli aja reksadana yang bakalan dikelola sama manajer investasi.

Ini juga salah satu instrumen investasi yang menjadi tren masa kini lhooo! Mantan asisten rumah tangga (hehehe bukan mantan mimin kok!) yang pernah kerja di rumah mimin aja udah investasi reksadana di perusahaan fintech atau bank! Masa kalian yang sudah mau sarjana malah nyerah. JANGAN MAU KALAH!

Oiya, jadi bagi yang belum tau, reksadana bisa kalian beli di Tokopedia lho! Return dari reksadana yang kalian beli di Tokopedia di kisaran 6% dan yang bikin mencengangkan adalah kalian bisa beli mulai dari Rp 10 ribu aja! Bener-bener gak ada alasan lagi buat bilang “ah investasi mahal, harus jadi kaya dulu”.

4. Saham

Selanjutnya adalah saham. Instrumen investasi untuk mahasiswa dengan tren masa kini, cukup banyak yang tertarik untuk melakukan, tapi masih bingung. Tips bagi yang mau beli saham, kalian harus baca juga laporan tahunan dan laporan keuangan dari perusahaan yang ingin kalian beli, jangan cuma melihat pergerakannya aja!

Menurut salah satu narasumber CNBC Indonesia, dalam 10 tahun terakhir, rata-rata kenaikan saham di Indonesia sebesar 12% yang artinya lebih tinggi dari deposito, emas, dan reksadana.

Pokoknya kalau kalian ingin investasi saham, kalian harus perdalam analysis report yang biasanya suka diberikan dengan gratis! Kalian juga bisa memulai membeli saham dari harga Rp 100/lembar atau 1 lot saham hanya seharga Rp 10 ribu saja!

5. Barang hobi

Last but not least adalah barang hobi! Iya barang yang kalian suka beli, apabila dirawat dan disimpan dengan baik akan menjadi investasi juga lho! Misalnya jam tangan merek tertentu, mobil antik, barang limited edition, dan masih banyak lainnya!

Salah satu tren masa kini yang bisa kalian jadikan barang investasi salah satunya adalah Suzuki Jimny, mengapa bisa menjadi barang investasi? Ya karena perlu indent kurang lebih 4 tahun untuk mendapatkannya, sedangkan demand masyarakat sangat tinggi. Apabila melihat dari harga resminya, mobil tersebut dibanderol dengan harga di kisaran Rp 350 juta. Namun, yang membuat mimin tercengang adalah mobil tersebut dapat dijual kembali di kisaran Rp 500 juta! WHOA fantastis bukan?

Agar kalian sukses di masa depan, pada intinya kalian harus…

Memulai investasi dari usia dini. Sudah tidak ada lagi alasan kalau untuk investasi harus kaya dulu, karena kalian bisa memulai investasi dari Rp 10 ribu!

9 thoughts on “5 Cara Investasi untuk Mahasiswa agar Banyak Uang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *