fbpx
entrepreneur

5 Bisnis Untuk Mahasiswa, Bisa Sambil Kuliah Lho!

Halo Feebers! balik lagi sama mimin, kali ini mimin akan membahas mengenai bisnis untuk mahasiswa apa sajakah yang bisa membuat kalian memiliki banyak uang di usia muda! Mimin gak akan janji-janji surgawi kalo kalian pasti akan mempunyai banyak uang melalui bisnis untuk mahasiswa. Justru dengan bisnis untuk mahasiswa tersebut, serta upaya jerih payah dan kerja keras kalian lah yang membawa kesuksesan kembali.

Mimin Feeble.id meyakinkan bahwa kalian tidak perlu punya modal yang banyak apabila ingin memulai bisnis untuk mahasiswa karena mengutip dari perkataan yang disampaikan oleh Arthur Ashe:

“Start where you are. Use what you have. Do what you can”.

– Arthur Ashe –
Berdasarkan quote di atas, mimin punya beberapa rekomendasi bisnis untuk mahasiswa agar banyak uang di usia muda:
1. Bisnis online shopping (olshop)

Pertama adalah bisnis online shopping atau biasa dikenal dengan olshop. Bisnis ini merupakan bisnis yang kebanyakan mahasiswa sudah memulainya. Banyak yang sudah mulai karena modal yang digunakan juga sangat minim. Bisnis olshop bisa dari menjual produk yang sudah ada ataupun kita bisa menjual produk yang kita bikin sendiri. Kebanyakan dari anak mahasiswa membuka olshop berjualan pakaian dari bangkok, jualan casing handphone, jualan barang-barang hype, dan masih banyak lainnya. Selain itu, sekarang juga sudah banyak clothing brands yang dibuat oleh mahasiswa-mahasiswa yang dijual dengan online juga lho!

Kalo mimin sendiri juga sudah memulai bisnis olshop juga nih, mimin punya usaha jastip yang mimin jalankan ketika mimin jalan-jalan dan hasilnya pun lumayan, terkadang ongkos jalan-jalan mimin bisa balik modal! Tapi mimin yakin sih, kalau kalian bisa memulai bisnis olshop bakalan bikin kalian banyak uang. Apalagi zaman sekarang sudah banyak e-commerce yang memudahkan kalian untuk bertemu dengan buyer dan kalian juga bisa mempromosikan produk kalian di sosial media. Sudah mudah sekali bukan?

Baca juga : Mengatur Keuangan dengan Gaji 5 Juta

2. Bisnis bimbel atau tutor

Selanjutnya, bagi kalian yang merasa pintar dengan IPK 4. Nah ini bisnis yang cocok banget buat kalian biar cepet banyak uang! Yakni adalah bimbingan belajar atau bimbel atau les privat atau tutor (dulu pas kuliah mimin manggilnya tutor). Jadi tutor, itu selain menambah pundi-pundi uang juga menambah amal ibadah lho! Karena kalian juga bisa membagikan ilmu-ilmu yang bermanfaat dan pahalanya pun gak akan terputus-putus (kalo menurut agama yang mimin anut) eh kok jadi kultum begini. Nah ini modal bisnisnya juga Rp 0 alias gratis cuma perlu modal otak, waktu, dan tenaga aja! Kalo contoh soal kan biasanya juga dikasih sama anak muridnya dan sekali jadi tutor itu minimal Rp 50-an ribu per jam per orang.

Coba bayangin aja kalau dalam sehari kalian mendapatkan 5 murid yang belajar bersamaan selama 2 jam, ya kalian bakal mendapatkan Rp 500 ribu dalam 2 jam per hari! Coba siapa yang mau kasih uang segitu hari gini, bener-bener bikin cepet banyak uang ya!

3. Bisnis jualan makanan

Nah ini nih bisnis yang sudah mimin jalankan pas smp tapi justru berhenti pas kuliah yakni adalah jualan makanan. Jadi mulai dari smp mimin itu udah jualan cupcake, jadi pada zamannya lagi booming sekali cupcake maupun kue-kue warna warni dan lainnya, tapi mimin gak malu sama sekali karena mimin menanamkan quote “cuan is life” hahahaha.

Lalu, saat SMA mimin mulai berjualan nasi uduk atau gak nasi kuning setiap harinya dan berjualan makanan seperti fettuccine carbonara saat acara-acara tertentu. Lalu, saat kuliah, mimin ingin lanjut jualan lagi tapi mimin itu nge-kost jadi tidak ada yang masak dan pernah berjualan fettuccine carbonara di acara kampus dan ternyata responnya tidak begitu antusias. Jadi, tidak mimin lanjutkan. Tapi jangan pada takut dulu ya, karena mulai aja dulu buat berjualan apalagi kalo emang kalian bisa masak makanan enak! Bener-bener harus mulai karena kalau kalian bisa masak enak, pastinya konsumen kalian akan terus repeat order dan tentunya akan membuat banyak uang karena bisnis jualan makanan untungnya bisa berlipat-lipat lho!

4. Jualan barang-barang hasil thrift-shop

Nah ini nih bisnis yang belakangan ini sering dijalanin sama anak urban mentok ibu kota! Biasanya temen-temen mimin yang punya usaha thrift shop itu beli barang bekas di Pasar Senen terus dijual kembali dengan harga yang meningkat berlipat-lipat! Tapi kalian juga harus mempromosikan dengan semenarik mungkin agar barang ‘bekas’ tersebut seperti barang baru. Selain itu, dengan thrifting juga melestarikan alam juga lho secara tidak langsung karena kita me-reuse pakaian yang sudah dipakai dan secara tidak langsung juga mensejahterakan pedagang di pasar juga. Jadi selain kalian bisa mendapatkan banyak uang, ada misi sosial juga dari bisnis kalian!

5. Penyedia jasa desain grafis, fotografi, dan videografi

Last but not least, bagi kalian yang memiliki skill di bidang graphic design, photography, dan videography. Kalian juga bisa tuh untuk menggunakan skill kalian untuk bantu-bantu mengerjakan projek teman-teman kalian. Kalau misalnya kalian hanya terampil pada graphic design saja, kalian bisa membantu sosial media atau desain poster atau lainnya. Apabila kalian hanya terampil pada fotografi saja, maka kalian bisa bantu teman kalian apabila mereka membutuhkan photoshoot produknya misalnya. Bisa juga dengan videografi, apabila teman kalian membutuhkan jasa videografer juga kalian menghasilkan uang dengan skill tersebut. Lebih baik lagi apabila kalian bisa memiliki ketiga skills tersebut, kalian bisa membuat integrated marketing agency sendiri dan tentunya akan menghasilkan banyak uang.

Baca juga : 7 Tren Masa Kini Dalam Branding Bisnis

Begitulah tips bagi kalian yang masih menjadi mahasiswa tapi mau memulai bisnis, tentunya agar memiliki banyak uang a.k.a. cuanisasi.

Semoga bermanfaat ya Feebers! Kalian sudah tahu mau memulai bisnis apa? Kalau sudah komen di bawah yuk sharing sama mimin! Siapa tau mimin bisa membantu!

6 thoughts on “5 Bisnis Untuk Mahasiswa, Bisa Sambil Kuliah Lho!

  1. Hey there! Do you know if they make any plugins to help with
    SEO? I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but
    I’m not seeing very good results. If you know of
    any please share. Many thanks!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *