fbpx
masa depan

3 Alasan Edukasi Keuangan Demi Masa Depan Cerah

Siapa nih yang kerjaannya hedon terus? Ayuk tunjuk tangan… Pastinya semua orang mau masa depan jadi cerah dong.. Katanya mau nabung buat masa depan? Tapi kok pengeluarannya bueehhh.. Ngaku aja guys, disaat kita belum duduk di bangku kuliah, merasakan part time, ataupun merasakan pahitnya hidup.. Eits kok si mimin jadi curhat sih.. Becanda ya guys.. Intinya, saat kita belum merasakan sulitnya mencari uang, kita pasti lebih boros  ya guys. Ternyata saat sudah terjun, kita baru merasakan sulitnya cari uang. Tapi kalau sudah terbiasa boros, tentunya kita perlu membiasakan diri untuk tidak boros Feebers. Bagaimana bisa saving kalau pengeluaran lebih besar daripada pendapatan ya guys. Kebiasaan itu memang muncul lantaran biaya hidup kita telah ditanggung oleh orang tua kita dikala kita kecil.

Terus.. Gimana dong? Tenang aja guys, kebiasaan itu bisa diubah kok. Penelitian membuktikan seseorang memerlukan waktu 21 hari untuk melakukan sesuatu hal terus-menerus. Lalu, seseorang akan melakukan kebiasaan tersebut tanpa adanya paksaan ataupun perasaan tertekan. Biar terbiasa gimana min caranya? Salah satunya adalah adalah pendidikan keuangan. Sepenting apa sih pendidikan keuangan itu?

Berikut adalah penjelasannya, 3 alasan pendidikan keuangan penting untuk masa depan:
Agar kita lebih bijak

Guys, kita memang diajarkan saat di sekolah dan di kuliah ilmu yang akan kita pakai kedepannya untuk berkerja. Tetapi, kita tidak diajarkan memakai uang dengan bijak karena hal ini merupakan sebuah culture yang kalian perlu pertimbangkan agar kalian dapat berbuat lebih bijak. Tentunya, keluarga sangat berperan dalam hal ini karena yang dikenal anak pertama kali adalah keluarga dan kebiasaan keluarga akan membentuk kebiasaan seorang anak. Oleh karena itu, kalau kalian sudah punya anak diajarkan nabung ya guys.. HIHI.

Baca juga : Terhindar dari Buruknya Risiko Keuangan? Ini Caranya

“Min, keluarga aku boros.. Jadinya aku ikutan boros min.. Berati ga salah dong min?”

Guys, tau ga sih kalimat berikut? “Kita adalah 5 orang teredekat kita” Jadi no excuse ya guys.. Kalian bisa mendapatkan 2/3 orang yang kalian panuti untuk menjadi teman dekat kalian. Sehingga, bisa jadi reminder. Jadinya tidak tergoda untuk boros terus guys. Sama yang paling penting kemauan sahabat feebers. Kalau feebers kemauannya keras, maka tidak akan ada hal yang menghalanginya dong. Toh.. Hal tersebut buat kita sendiri kok.

Inflasi pendidikan mencapai 5% per tahun

Kabarnya inflasi pendidikan mencapai 5 % per tahun! Kebayang gak guys, inflasi pendidikan 10 tahun lagi. Belum lagi ada inflasi bbm, pangan, dsb. Bayangkan guys, berapa ya biaya pendidikan anak kalian nantinya. Gimana kita kalau ga bisa nabung dan pandai-pandai menyimpan uang? Perlu banget ya feebers buat memikirkan masa depan. Kalau engga, waduhh.. Bahaya, alih-alih bisa dililit utang dan pinjaman.

Adanya cash flow yang besar bagi para pebisnis

Apakah ada sebagian besar dari kalian yang cita-citanya adalah menjadi pebisnis? Jadi pebisnis adalah cita-cita sebagian orang. Tidak jarang orang mendambakan menjadi pebisnis karena dianggap pebisnis lebih fleksibel disbandingkan pekerja, dapat mengatur bisnisnya sendiri, serta keuntungan pebisnis yang menggiurkan.

Tunggu dulu…

Keuntungan yang besar bukan berarti kita punya banyak uang untuk disia-siakan begitu saja. Masalahnya adalah di cash flow yaitu perputaran modal. Untung kalian digunakan untuk mengembangkan atau memperbesar bisnis kalian. Kalian gak mau dong, ada yang mau beli eh.. barang kalian kosong. Misalkan kalian punya barang A yang ada warnanya biru, hijau, pink, dan ungu. Ga mungkin semuanya akan laku dengan rata. Barang kalian, akan menjadi cash flow kalian. Saat kalian sudah mulai punya  banyak stock, pasti kalian akan memperbanyak barang baru atas dasar permintaan konsumen. Cash flow kalian makin banyak. Ya begitu deh.. Pahit manisnya bisnis. Kalian ga bisa merasakan manisnya sekarang, mungkin 2 atau 3 atau 4 tahun lagi kalian baru akan merasakan impactnya.

Pengalaman mimin sih, ini yang bikin mimin menahan pengeluaran mimin hihi karena bangun nama toko ga gampang ya guys.. Jadi mimin mau toko mimin dikenal pembeli. Ga boleh dong sampai kalau ada demand mimin ga cukup uangnya untuk beli barangnnya. Kalian yang mau cobain bisa juga nih pakai cara ini. Alih-alih belajar bisnis, bisa belajar menahan diri dan emosi juga yah agar membangun masa depan. Kalau bisnis kalian sudah berjalan, kalian juga pasti gamau kan menyia-nyiakan perjuangan kalian dengan tears, blood, and sweat kalian. HAHA Lebay nih mimin.

Intinya, kalian bisa bersenang-senang di masa kalian sudah memiliki bekal yang cukup. Jangan dibalik ya guys, sekarang bersenang-senang, bingungya nanti. Kalau kata peribahasa “Berakit-rakit dahulu, berenang-renang kemudian.” Yang artinya, bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Mumpung masih muda, punya tenaga yang masih banyak dan masih kuat.. Gunakan ya guys, jangan disia-siakan. Di usia tua nanti, tenaga kalian sudah tidak sebesar sekarang dan kemampuan kalian pun akan menurun. Jadi, tetap semangat guys. Goodluck untuk kalian 😉

2 thoughts on “3 Alasan Edukasi Keuangan Demi Masa Depan Cerah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *